Ini Dia Tips Membuat Judul Artikel Jurnal yang Menarik

Ini Dia Tips Membuat Judul Artikel Jurnal yang Menarik

Kesulitan membuat judul menarik? Nih ada Tips membuat judul artikel jurnal yang menarik. Pastinya tips ani akan membatu Anda dalam pembuatan sebuah tulisan.

Seberapa penting sih sebuah judul?

Judul adalah hal pertama yang di baca orang pada sebuah artikel. Namun banyak orang yang hanya membaca judul tanpa melanjutkan ke isinya. Mengapa demikian? Bagian manakah kira-kira dari artikel  yang bisa menggambarkan isinya ketika di-share di media sosial? Jawabannya pasti “judul”.

Judul yang tepat dan menarik akan mendapatkan jumlah share di social media lebih banyak, hal itu menandakan bahwa artikel dengan judul yang menarik bisa memancing banyak orang untuk membaca artikel tersebut.

Ada beberapa prinsip yang harus anda pahami untuk membuat judul yang menarik.

  1. Membuat Judul yang Mengikat Pembaca

Tidak hanya menarik atau memancing, tetapi judul yang bisa mengikat agar orang membaca konten anda dan puas dengan apa yang didapatkan.

Apa yang dijelaskan disini bukan cuma berlaku pada judul artikel, bisa juga untuk judul konten jenis apapun misalnya video, audio, dll. Atau juga bisa anda terapkan sebagai judul halaman penjualan dan landing page.

  1. Bedakan ‘topik’ dengan ‘judul’.

Sepertinya sepele. Tapi kesalahan ini sering dilakukan oleh penulis, topiknya langsung digunakan sebagai judul konten. Bagai mana cara membedakan topik dan judul? Topik itu umum sedangkan judul itu spesifik. Judul yang baik akan menunjukan bahwa artikel anda berbeda dari artikel lain meskipun topiknya sama.

Perhatikan kalimat dibawah ini :

Tips wawancara kerja (Topik)

5 Tips wawancara kerja untuk mendapatkan pekerjaan impianmu (Judul)

Cara menghilangkan stress (Topik)

Lakukan 4 hal ini dalam 30 menit sehari untuk menghilangkan stres (Judul).

Coba bandingkan kalimat-kalimat di atas. Terlihat bedanya kan? Bukan karena lebih panjang. Judul ini lebih spesifik sehingga punya nilai tambah yang membuat artikel  jadi lebih menarik untuk dibaca. Ada kata-kata penjelas yang meng-upgrade nilai topik.

  1. Berikan manfaat untuk pembaca

Membaca 1 artikel biasanya memakan waktu sekitar 3-5 menit, bahkan lebih. Tapi mengapa orang lain rela membuang waktunya untuk membaca tulisan anda? Karena mereka ingin manfaatnya. Tujuan mereka membaca  untuk mendapatkan informasi, solusi dari permasalahan, hiburan, pengetahuan, atau manfaat lainnya. Inilah mengapa mereka merelakan waktunya.

Jadi judul yang anda buat sebaiknya langsung menjelaskan manfaat yang akan mereka dapatkan setelah membaca. Dengan begitu, mereka akan tertarik membaca. Misalkan ada 2 artikel dengan judul yang sangat sbb:

-Tips presentasi yang baik

-Tips presentasi untuk membuat penonton terkesima

Dalam kalimat pertama, kata “yang baik” itu abstrak, tidak jelas apa yang akan mereka dapatkan. Sedangkan kalimat kedua jelas manfaatnya. Orang yang ingin belajar presentasi tentunya ingin agar penonton terkesima, dan kita menawarkan manfaat tersebut melalui judul. Maka judul kedua jadi lebih menarik bagi mereka.

  1. Gunakan angka pada judul

Penggunaan angka sudah sejak lama dipakai oleh para pembuat konten supaya judulnya bisa semakin menarik. Coba bayangkan, konten yang sudah Anda buat selama berjam-jam atau berhari-hari lalu dibuat dengan judul asal-asalan. Itu akan membuat sedikit yang tertarik membaca.

Jika anda berpikir hanya fokus ke konten artikel dan asal-asalan membuat judul, perhatikan analogi berikut :

Di internet ada jutaan artikel yang diterbitkan setiap harinya. Anggaplah 1 orang setiap harinya mendapatkan 20 link artikel dari teman-teman mereka lewat media sosial. Apakah akan dibaca semua? Tidak, mereka hanya memilih berdasarkan judul yang menarik menurut mereka.

Mungkin hanya 2-5 yang mereka baca, yang paling menarik. Lalu bagaimana caranya membuat judul yang menarik bagi pembaca?

baca juga: Tips Mencari Artikel Jurnal Untuk Kebutuhan Skripsi, Tesis, Disertasi

Gunakanlah angka. Angka memang sudah terbukti mampu meningkatkan jumlah pembaca. Masalahnya, penggunaan angka saat ini sudah sangat umum. Jadi pembaca tidak lagi menganggap angka sebagai sesuatu yang spesial. Solusinya jangan gunakan sembarang angka. Agar terlihat lebih menonjol daripada konten lain, beberapa variasi penggunaan judul angka berikut bisa anda gunakan:

– Angka di tengah: Teknik optimasi website – 5 strategi yang bisa anda lakukan sekarang juga?

-Pertanyaan: 10 resep bakso sapi paling nikmat di Indonesia – yang mana favoritmu?

-Langkah-langkah: 5 langkah mendesain ruangan sempit menjadi terlihat luas.

  1. Bangkitkan perasaan dengan trik psikologi

Apa saja perasaan yang dimaksud?

-Terkejut/heran/tidak percaya, contohnya: “Ibu 2 anak ini berhasil menurunkan berat badan 24 kg hanya dalam 60 hari!”

-Bertanya-tanya/ingin tahu/penasaran, Contoh : “Ibu Ani melakukan 10 hal ini selama 30 menit sehari, lihat hasilnya 60 hari kemudian”

-Galau/gundah/khawatir, Contoh: “Sudah diet tapi berat badan belum turun? Mungkin anda melakukan 10 kesalahan ini”

-Yakin/pasti/tepat, contoh : “10 Cara tercepat yang sudah terbukti secara ilmiah untuk menurunkan berat badan”.

  1. Membuat pembaca merasa terlibat?

Ada 2 efek menggunakan pertanyaan dalam judul yakni Membangun rasa penasaran dan Menciptakan rasa kepastian bahwa masalah mereka akan terjawab

Perhatikan contoh judul berikut “Apakah anda masih melakukan 10 teknik diet beresiko tinggi ini?”

  1. Tulis judul yang spesifik untuk 1 target pembaca

Ketika membuat artikel, Semestinya kita punya satu jenis target pembaca. Mengapa? Karena jika kita memasang lebih dari 1 target, isinya bisa tidak detail. Selain itu Informasi yang spesifik jauh lebih menarik daripada yang umum.

Contohnya ‘7 Ponsel untuk bermain game murah dibawah 2 jutaan’

Judul artikel di atas yakni tentang smartphone terbaik. Tetapi judul tersebut dikhususkan untuk kalangan menengah kebawah.

  1. Cari inspirasi dari judul yang sudah terbukti populer

Mencari inspirasi dari konten yang sudah terbukti populer akan memudahkan anda dalam membuat judul. Tidak disarankan hanya sekedar kopi paste ya.

Caranya buka BuzzSumo. BuzzSumo menampilkan konten-konten yang mendapatkan jumlah share terbesar. Artinya judul-judulnya sudah terbukti. Dari sinilh anda bisa mendapatkan inspirasi.

Demikianlah tips membuat judul artikel jurnal yang menarik. Anda tertarik mencobanya? Semoga bermanfaat.

Layanan Jasa konversi Tesis/Disertasi/Hasil Penelitian menjadi Artikel jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Proofreading Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Cari Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Turunkan Turnitin Klik Disini

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *