Karya Ilmiah Untuk Kenaikan Pangkat, Apa Saja?

Karya Ilmiah Untuk Kenaikan Pangkat, Apa Saja?

Publikasi karya ilmiah menjadi salah satu kewajiban dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Publikasi karya ilmiah ini biasanya dilakukan oleh guru PNS yang ingin mendapat kenaikan pangkat.

Ada beberapa jenis publikasi ilmiah untuk melakukan kenaikan pangkat ini. Bisa berupa artikel ilmiah populer, makalah, ataupun presentasi. Nah, masing-masing jenis publikasi ilmiah ini memiliki bobot angka kredit yang berbeda.  Semakin tinggi tingkatannya akan semakin besar pula bobotnya.

Kenaikan pangkat ini pastinya menjadi dambaan bagi beberapa pegawai PNS, karena dengan pangkat yang tinggi akan semakin besar pula peluang untuk mendapatkan posisi atau jabatan yang lebih tinggi pula. Tidak heran jika banyak guru ataupun dosen PNS yang ingin melakukan kenaikan.

Syarat Publikasi Kenaikan Pangkat Guru

Jadi, dalam dunia kenaikan pangkat ada jenjang tersendiri yang harus dilalui secara bertahap. Kenaikan pangkat ini memiliki syarat-syarat yang berbeda-beda. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

a. Kenaikan Pangkat III/a ke III/b

Bagi Anda yang ingin melakukan kenaikan pangkat dari tingkatan ini, maka harus melakukan publikasi ilmiah, lalu perhitungan angka kredit. Untuk tahap ini belum ada batasan angka kredit.

b. Kenaikan Pangkat III/b ke III/c

Nah, untuk tahap kenaikan pangkat ini Anda wajib memenuhi syarat 4 angka kredit. Sedangkan untuk jenis karya publikasinya tidak ditentukan, Anda bisa memilih jenis publikasi ilmiah yang ada.

c. Kenaikan Pangkat III/c ke III/d

Kenaikan pangkat ke III/d membutuhkan 6 angka kredit. Anda pun bebas memilih jenis publikasi ilmiah apapun, namun bobot angka kredit harus sesuai dengan persyaratan.

d. Kenaikan Pangkat III/d ke IV/a

Berikutnya ada kenaikan pangkat ke IV/a, wajib melakukan publikasi ilmiah dengan 8 angka kredit. Jenis publikasi ini tidak ditentukan, namun minimal terdapat satu laporan hasil penelitian.

e. Kenaikan Pangkat IV/a ke IV/b atau IV/b ke IV/c

Kenaikan pangkat ini wajib melakukan publikasi dengan bobot 12 angka kredit. Jenis publikasi ilmiah sudah ditentukan, yakni minimal ada laporan hasil penelitian ditambah satu artikel dimuat pada jurnal ber-ISSN.

f. Kenaikan Pangkat IV/c ke IV/d

Wajib melakukan publikasi ilmiah dengan bobot 14 angka kredit. Ketentuan jenis publikasi yakni minimal satu laporan hasil penelitian, artikel yang dimuat dalam jurnal ISSN, dan satu buku pelajaran ber-ISBN.

g. Kenaikan Pangkat IV/d ke IV/e

Kenaikan pangkat ini memiliki syarat dengan bobot 20 angka kredit. Jenis publikasi sudah ditentukan yakni satu laporan hasil penelitian, satu artikel dimuat dalam jurnal ber-ISSN, dan satu buku pelajaran ber-ISBN. Di samping itu ada beberapa syarat dan tagihan lain yang harus diselesaikan.

Macam Karya Ilmiah untuk Kenaikan Pangkat

Melihat banyaknya tingkat kepangkatan yang ada, ada harga yang harus dibayarkan agar bisa mencapai hal tersebut. Salah satunya dengan melakukan publikasi karya ilmiah. Masing-masing jenis karya ilmiah memiliki bobot angka kredit yang berbeda. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

  1. Penelitian dan Pengkajian yang Dipublikasikan

Ketika melakukan penelitian, pengkajian ataupun evaliasi dalam bidang pendidikan lalu dipublikasikan akan mendapatkan kredit yang tinggi. Buku yang telah diterbitkan dan diedarkan secara nasional setiap karya memiliki angka kredit 12,5. Sedangkan jika penerbitan dalam bentuk majalah maka akan mendapat angka kredit 6.

  1. Penelitian dan Pengkajian yang Tidak Dipublikasikan

Karya ilmiah dari hasil penelitian ataupun pengkajian yang tidak dipublikasikan tetapi telah didokumentasikan pada perpustakaan sekolah akan mendapatkan nilai kredit 8. Namun, apabila dalam bentuk makalah akan mendapatkan angka kredit 4.

  1. Karya Tulis: Tinjauan atau Ulasan Ilmiah Hasil Gagasan Sendiri

Bagi Anda yang memiliki karya tulis berupa tinjauan atau ulasan ilmiah dari gagasan sendiri dalam bidang pendidikan yang dipublikasikan dalam bentuk buku dan diedarkan secara nasional, maka setiap karya memiliki kredit 8. Namun, jika hanya majalah Ilmiah hanya memiliki kredit angka 4.

  1. Makalah

Apabila Anda memiliki makalah dalam bidang pendidikan yang tidak dipublikasikan namun telah di dokumentasikan oleh perpustakaan. Anda akan mendapatkan angka kredit 7, namun jika dalam bentuk makalah hanya mendapat angka kredit 3,5.

  1. Karya Ilmiah Populer

Karya ilmiah populer pada bidang pendidikan dan kebudayaan yang disebarkan oleh media massa pun memiliki angka kredit. Anda bisa mendapatkan 2 angka kredit untuk setiap karya yang berhasil diterbitkan media massa nasional. Untuk penerbitan media provinsi hanya mendapat angka kredit 1,5.

  1. Bahan Ajar atau Modul

Bahan ajar bertaraf nasional akan mendapat angka kredit 5, sedangkan untuk tingkat propinsi hanya mendapat angka kredit 3 untuk setiap bukunya.

  1. Pengalih bahasaan Buku Pelajaran

Karya pengalih bahasaan buku pelajaran yang bermanfaat bagi pendidikan memiliki nilai kredit 2,5. Namun, apabila dituliskan secara berkelompok maka penulis utama berhak mendapatkan 60% dari besaran angka kredit. Sedangkan 40% lainnnya menjadi hak penulis lain yang ikut serta.

  1. Melakukan Presentasi

Melakukan presentasi ini juga termasuk golongan publikasi ilmiah, dimana Anda pernah melakukan presentasi pada forum ilmiah. Untuk angka kredit presentasi ini hanya sebesar 0,2 serta menyertakan makalah yang disajikan dalam persentasi.

Nah, itulah beberapa karya ilmiah untuk kenaikan pangkat yang bisa Anda coba. Semakin besar tingkatan yang Anda raih akan semakin besar pula angka kredit yang harus dipenuhi. Tingginya pangkat yang Anda miliki dalam PKB pun akan sangat berdampak pada jenjang karir Anda berikutnya.

Apabila Anda memiliki kesulitan dalam proses penyusunannya  Anda bisa menggunakan jasa kami untuk semua kebutuhan ini. Kami menyediakan jasa penulisan karya ilmiah hingga buku. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu Anda memahami jenis karya ilmiah untuk kebutuhan kepangkatan.

Layanan Jasa konversi Tesis/Disertasi/Hasil Penelitian menjadi Artikel jurnal Klik Disini

Jasa Review Jurnal/Critical Review Klik Disini

Jasa Menurunkan Persentase Turnitin Klik Disini

Layana Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Proofreading Jurnal Klik Disini

Layanan JasaPembuatan Slide Presentasi Klik Disini

Jasa Penulisan Buku Ajar/Umum Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *