Kesalahan dalam review jurnal dan Cara Menghindari Kesalahan Review Jurnal

Kesalahan dalam review jurnal dan Cara Menghindari Kesalahan Review Jurnal

Review jurnal yang dilakukan tidak selalu berjalan lancar dan kadang kita tidak tahu apakah review jurnal yang kita lakukan benar atau salah. Akan sangat bagus jika review yang kita lakukan benar dan sesiuai aturan, tetapi akan menjadi sangat berbahaya jika kita melakukan kesalahan dam mereview jurnal. Karna hasil review yang kita buat akan digunakan oleh orang lain sebagai acuan untuk memahami suatu hal. Jadi sangat penting untu memastikan bahwa kita tidak membuat kesalahan pada saat membuat review jurnal.

Kesalahan kerap kali terjadi ketika seseorang melakukan sesuatu secara sembarangan tanpa mengetahui prosesdur atau tata cara untuk melakukannya. Dalam review jurnal juga terdi kesalahan yang bisa berakibat sangat fatal bagi yang membutuhkan hasil review jurnal tersebut. Lantas untk mengetahu dan untuk dapat mengindari kesalahan yang akan terjadi maka perlu mengerauhui prosedur dan tata caranya terlebih dahulu, begitupun untuk melakukan review jurnal kita harus mengetahui tata cara melakukan review jurnal.

Untuk melakukan review jurnal tentu saja terdapat tata cara sebelum melakukan review jurnal. apa saja prosedur yang harus dilakukan sebelum melakukan review jurnal diantaranya yaitu, memilih topik jurnal seperti apa yang akan direview, memahami jurnal tersebut sebelum melakukan review, kemudian memahami permasalahn yang disuguhkan dalam pembahasan jurnal. Selanjutnya memhami metode dan subjek yang ada pada jurnal tersebut, kemudian pahami solusi atau penanganan yang diberikan oleh peneliti dalam jurnal, analisis hasil penelitian apakah sesuai dengan permasalahan yang dihadapi, buat sebuah kesimpulan dan saran untuk jurnal, peneliti, dan sebagainya untuk lebih baik ladam penyajian jurnal.

Jasa Review Jurnal/Critical Review Klik Disini

Jasa Menurunkan Persentase Turnitin Klik Disini

Layanan Jasa konversi Tesis/Disertasi/Hasil Penelitian menjadi Artikel jurnal Klik Disini

Layana Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Proofreading Jurnal Klik Disini

Layanan JasaPembuatan Slide Presentasi Klik Disini

Jasa Penulisan Buku Ajar/Umum Klik Disini

Setelah melakukan semua prosesdur yang telah ditentukan maka akan lebih muda melakukan review jurnal dan minim terjadi kesalahan. Satu lagi kesalahan dalam review jurnal yaitu salaah memilih referensi dari sumber yang tidak jelas, sehingga dikemudian hari dapat memberian dampak buruk bagi penulis juga pembaca, akiba hasil yang tidak terstruktur dengan baik.

Untuk menghindari kesalahan saat melakukan review jurnal, kita harus benar-benar paham akan apa yang akan kita lakukan yitu review jurnal, untuk benar-benar paham melakukan review jurnal maka kita harus tersus berlatih dan mengasah kemampuan untuk mereview jurnal sehingga terbiasa dalam melakukannya, dan mendapat pengajaran dari setiap kesalahan saat melakukan review jurnal yang akan diperbaiki pada pembuatan selanjutnya.

Untuk mengetahui apakah review jurnal yang kita buat sudah benr atau tidak, tentu kita perlu mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara penulisan review jurnal yang benar. Cara penulisan review jurnal yang benar adalah:

  1. Pilih jurnal yang relevan

Makasudnya memilih jurnal yang relevan adalah, kita mereview jurnal dengan tujuan membuat skripsi, maka cariral jurnal yang relevan dengan topik skripsi yang dibuat, sehingga review yang dilakukan dapat membantu dalam pengerjaan skripsi.

  1. Cermati originalitas jurnal

Selain relevan kita juga perlu memperhatikan originalitas dari jurnal, yaitu meliputi metode yang digunakan dan hasil yang diperoleh.

  1. Perhatikan bagian diskusi

Agar lebih mudah menentukan apakah jurnal yang akan kita review sesuai dengan apa yang kita cari, maka bosa langsung menuju bagian diskusi dari jurnal. apakah masalah yang didiskuksikan sama dengan masalah yang ingin kita selesaikan.

  1. Perhatikan bagian kesimpulan

Perhatikan juga bagian kesimpulan dari jurnal, apakah kesimpulan yang dihasilkan dari jurnal tersebut dapat digunakan untuk mendukung data atau penyataan yang digagaskan ataukah kesmpulan merupakan hal yang tidak diperlukan.

Agar lebih mudah lagi perhatikan cintoh review jurna yang benar berikut, untuk mengetahui apakah review yang telah anda lakukan sudah benar atau terdat kesalahan yang harus diperbaiki. Berikut contoh review jurnal yang benar;

Data yang harus diisi untuk review jurnal yang benar

Judul
Jurnal
Volume dan Halaman
Tahun
Penulis
Reviewer
Tujuan penelitian
Subjek penelitian
Assemen data
Metode penelitian
Langkah penelitian
Hasil penelitian
Kekuatan penelitian
Kelemahan penelitian
Kesimpualn

Jika sudah memenuhi data yang diperlukan di atas maka review jurnal sudah benar.

Selanjutnya adalah kesalahan yyang dilakukan dalam review jurnal. Tentu saja kesalahan tersebut harus diperbaiki agar kita memmndapatkan hasil jurnal yang berkualitan. Berikut merupakan beberapa kesalahan dalam melakukan review jurnal.

  1. Berbelit-belit

Artinya adalah dalam pembuatan review jurnal hidari penjelasan yang panjang lebar tanpa ada nilai, sebaiknya langsung saja membahas inti dari isi jurnal yang direview

  1. Pengulangan berlebihan

Hindari pengulangan yang berlebihan, entah itu pengulangan kata, kalimat, atau penjelasan secara berulang yang menimbulkan pembaca jenuh menantikan kapan permasalahn dan inti dari jurnal akan dimunculkan.

  1. Penggunaan kalimat yng tidak penting

Jangan menggunakan kalimat yang tidak dibutuhkan, jika tidak diperlukan tidak perlu dimasukan dalam penulisan.

  1. Penggunaan istilah yang salah

Hindari juga penggunaan istilah yang salah, yang akan membuat pembaca menjadi bingung dan salah memahami maksud dai istilah tertentu.

  1. Kesalahan penerjemahan

Kesalahan penerjemahan merupakan kesalahan yang sangat fatal, jika dirasa belum terlalu yakin mengenai sebuah peryataan, sebaiknya memastikan terlebih dahulu dari sumber terpercaya.

Itulah kesalahan yang harus diperhatikan dalam mereview sebuah jurnal. lalu bagaimana cara untuk menghindari kesalahan tersebut, maka hindari agar tidak trjadi kesalahan yang telah dijelaskan di atas dan banyak berlatih melakukan review jurnal untuk lebih menambah wawasan dan kemampuan mereview.

Sekian penyajian artikel kesalahan mereview jurnal. Semoga artikel ini bermanfaat.

Jasa Review Jurnal/Critical Review Klik Disini

Jasa Menurunkan Persentase Turnitin Klik Disini

Layanan Jasa konversi Tesis/Disertasi/Hasil Penelitian menjadi Artikel jurnal Klik Disini

Layana Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Proofreading Jurnal Klik Disini

Layanan JasaPembuatan Slide Presentasi Klik Disini

Jasa Penulisan Buku Ajar/Umum Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan komunikasikan kebutuhan anda dengan team jurnal kami!

Kak, Ada Yang Bisa Kami Bantu?