Ketahui Perbedaan Artikel dan Jurnal Ilmiah

Ketahui Perbedaan Artikel dan Jurnal Ilmiah

Perbedaan artikel dan jurnal ilmiah masih sering membuat banyak orang keliru. Sekilas, kedua karya tersebut mempunyai kemiripan. Namun, keduanya mempunyai perbedaan yang mendasar sampai perbedaan khusus. Artikel adalah tulisan yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang topik yang didukung oleh fakta.

Sementara jurnal adalah tulisan yang berisi artikel informatif dan akademia tentang suatu topik yang diterbitkan secara periodik. Biasanya, jurnal digunakan untuk kebutuhan akademis. Melihat dari pengertian kedua hal tersebut, apakah Anda sudah mulai bisa membedakannya?

Perbedaan Artikel dan Jurnal Ilmiah

Meski mempunyai perbedaan, baik artikel dan jurnal ilmiah mempunyai tujuan yang sama. Tujuannya adalah memberikan informasi kepada pembaca. Bagi Anda yang ingin mengetahui letak perbedaan antara artikel dengan jurnal ilmiah, lihat ulasan di bawah ini.

  1. Jenis Artikel

Dilihat dari perbedaannya bisa dilihat dari jenis yang terdapat dalam artikel. Artikel mempunyai 2 jenis, yaitu artikel penelitian dan artikel non penelitian. Berikut ulasannya lebih lengkap.

  • Artikel Penelitian

Artikel penelitian mempunyai sifat ilmiah. Alhasil, saat Anda menulis artikel jenis ini, Anda harus menuliskan hal yang penting secara sistematis. Mulai dari penulisan judul, nama penulis, abstrak, kata kunci, pendahuluan, metode, dan lain sebagainya. Artikel jenis penelitian mempunyai beberapa ciri.

Pertama, artikel ilmiah biasanya berisi hal yang penting, seperti temuan penelitian, pembahasan hasil temuan penelitian, dan kesimpulan. Kedua, artikel jenis ini disusun secara sistematika penulisan berupa atas bagian dan sub bagian. Selain itu, artikel penelitian mempunyai beberapa prosedur yang harus ditaati.

Pertama, artikel ditulis sebelum laporan teknik. Tujuannya untuk memperoleh masukan pada penulisan artikel. Kedua, artikel penelitian dibuat setelah laporan teknis. Ketiga, artikel jurnal adalah satu-satunya tulisan yang dirancang untuk penelitian swadana. Artinya, penulisan artikel tanpa menggunakan sistem angka atau abjad.

  • Artikel Non Penelitian

Perbedaan artikel dan jurnal ilmiah bisa dilihat dari jenis artikel yang kedua, yakni artikel non penelitian. Jenis artikel ini mengacu pada semua jenis artikel ilmiah yang tidak termasuk dalam laporan hasil penelitian. Meski secara sistem tidak serumit artikel penelitian, tapi jenis artikel ini mempunyai peraturan khusus yang harus dipatuhi.

Aturan tersebut adalah tidak boleh berjumlah lebih dari 20 halaman. Biasanya, artikel jenis ini memuat hal yang esensial. Contohnya judul, nama penulis, dan lainnya yang serupa dengan artikel jenis penelitian. Dalam jenis artikel ini, sistematika penulisan tidak menggunakan penomoran angka dan abjad.

Hal ini dikarenakan jenis artikel non penelitian hanya berisi hal yang esensial. Halamannya pun berkisar antara 10-20 halaman saja. Selain itu, artikel jenis non penelitian harus memuat sejumlah unsur pokok.

  1. Jenis Jurnal Ilmiah

Perbedaan artikel dan jurnal ilmiah bisa dilihat dari jenis jurnal ilmiah. Dalam jurnal ilmiah, terdapat 3 jenis jurnal yang harus Anda tahu. Berikut ulasan lengkapnya.

  • Popular Journals

Salah satu jenis jurnal ilmiah yang bisa Anda temukan secara umum adalah popular journals. Jenis jurnal tersebut berisi pendapat dan informasi yang bisa menghibur pembaca. Biasanya, isi dalam jurnal tersebut bisa berupa kutipan, iklan, ilustrasi, dan bibliografi. Selain itu, popular jurnal juga bisa berisi cerita fitur, pendapat, dan potongan editorial.

Gaya bahasa yang digunakan dalam jenis artikel ini adalah gaya yang mudah dimengerti. Biasanya, jenis artikel ini berisi banyak iklan, ilustrasi, dan beberapa foto yang glossy. Ditambah lagi banyaknya kutipan bibliografi yang tidak umum.

  • Professional or Trade Journals

Jenis jurnal ilmiah yang satu ini ditargetkan pada profesi atau industri tertentu. Biasanya, jurnal ini berisi soal berita terkini, pendapat, atau saran praktis terkait produk batu. Tidak hanya itu saja, jenis jurnal ini berisi ulasan untuk memberikan informasi pada pembaca soal kejadian dalam industri.

Nantinya, jenis artikel yang dikumpulkan akan peer-reviu. Kutipan bisa masuk menjadi salah satu bagian ini. Contoh yang bisa jadi referensi untuk Anda adalah The Bookseller, MediaWeek, dan Advertising Age.

  • Scholarly Journals

Pernahkah Anda mendengar jenis jurnal ilmiah ini? Scholarly journal dikenal sebagai jurnal wasit, peer-reviu jurnal, dan jurnal akademik. Jenis jurnal ini adalah majalah yang isinya artikel dan akan diterbitkan secara teratur di interval tertentu. Tujuan dari pembuatan jenis jurnal ini adalah menyebarkan pengetahuan dan penelitian temuan baru.

Selain itu, perbedaan artikel dan jurnal ilmiah ini berisi ulasan dan kritik studi soal temuan. Tidak heran jika jurnal ini akan diidentifikasi oleh judul mereka. Salah sayu contoh dari jurnal ini adalah Publishing Research Quarterly.

  1. Dilihat dari Ciri-ciri

Setelah Anda melihat perbedaan artikel dan jurnal ilmiah dari jenisnya, Anda juga bisa melihatnya dari ciri-cirinya. Dari artikel, ciri-cirinya bisa berupa tulisan esai. Artikel tidak menggunakan data table dan ditulis oleh satu orang saja. Tidak hanya itu saja, artikel mempunyai ciri penggunaan bab dan juga poin.

Strukturnya pun berupa pembuka, isi, dan penutup. Sementara jurnal mempunyai ciri bentuk tulisan atau catatan penelitian. Jurnal ilmiah mempunyai data dan gambar bukti suatu penelitian. Selain itu, jurnal biasanya ditulis oleh satu orang atau lebih. Dalam penulisan jurnal, tidak menggunakan bab-bab.

Jika dilihat dari struktur jurnal, terdapat judul, abstrak, pendahuluan, alat dan bahan, metode, hasil, kesimpulan, dan daftar pustaka. Tidak heran jika penulisan jurnal dianggap lebih serius dibandingkan dengan menulis artikel.

Penjelasan singkat di atas mengenai perbedaan artikel dan jurnal ilmiah apakah cukup membantu? Sekarang, Anda tidak lagi bingung dalam membedakan antara artikel dan jurnal ilmiah, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *