Ketahui Tips Ampuh Cara Lolos Turnitin dengan Cepat

Ketahui Tips Ampuh Cara Lolos Turnitin dengan Cepat

Cara Lolos turnitin Cepat – Menjadi mahasiswa semester akhir yang harus berjuang membuat skripsi memanglah berat, bahkan sudah menjadi momok tersendiri. Dalam pengerjaannya pun para mahasiswa dituntut untuk mengutamakan ketelitian dan keaslian tulisan. Belum lagi, di sebagian perguruan tinggi sudah menambahkan prosedur baru yaitu batas minimal untuk plagiarisme.

Namun tidak sedikit juga perguruan tinggi yang tidak mentolerir plagiarisme, entah berapa pun jumlahnya, karena dianggap melanggar hak cipta dan melanggar Undang – Undang yang ada. Tidak sedikit kasus pencabutan gelar sarjana pada mahasiswa hanya karena ketahuan melakukan plagiasi pada tulisannya.

Nah, untuk mengatasi masalah plagiasi ini, kamu bisa menggunakan aplikasi Turnitin. Aplikasi berbasis website ini bisa kamu akses di www.turnitin.com . Namun yang menjadi poin pentingnya, apabila masih ditemukan indikasi plagiasi setelah dilakukan pengecekkan, apa yang harus di lakukan ? Jangan khawatir, kali ini kita akan memberikan tips ampuh cara lolos dari Turnitin yang bisa kamu coba. Yuk di simak.

Teknik Sinonim

Sebenarnya ada banyak trik yang bisa digunakan untuk lolos dari Turnitin, misalnya text to images, letter swapping, stealth mode, hingga Google Translate. Namun keempat cara ini sudah terhitung tidak efektif karena Turnitin selalu memperbaharui algoritmanya.

Trik yang cukup efektif namun mudah diterapkan adalah dengan menggunakan sinonim, yaitu mengganti sebuah kata dengan kata lainnya namun masih satu arti atau makna. Misalnya kata “mempunyai“ diubah menjadi “memiliki“, kemudian “riset“ diubah menjadi “ penelitian“.

Kamu juga bisa mengganti struktur kalimat menjadi bentuk lain, asalkan maknanya masih sama. Misalnya mengubah kalimat pasif menjadi bentuk aktif.

Menggabungkan 2 Kalimat

Dalam membuat skripsi, membayangkan ratusan kalimat yang digunakan tentu saja membuat pusing. Nah kamu bisa mencoba trik ini yaitu menggabungkan dua atau lebih kalimat menjadi satu kalimat saja.

Misalnya “museum ini adalah salah satu tempat favorit yang sering saya kunjungi“. Lalu “museum ini perlu segera di renovasi karena sudah tua“. Bila digabungkan bisa menjadi “museum tua ini adalah tempat favorit yang sering saya kunjungi dan perlu direnovasi segera“. Penggabungan kalimat ini, selain bisa meloloskan pengecekkan di Turnitin juga bisa membuat tulisan menjadi lebih ringkas namun padat informasi.

Mengganti Aksen Bahasa

Jika kamu menulis skripsi dalam Bahasa Inggris, kamu pasti akan menggunakan aksen Amerika atau aksen Brisith. Jika menggunakan salah satu aksen dan memiliki tingkat plagiasi tinggi, kamu bisa mengubah beberapa kata di dalamnya ke dalam aksen yang berbeda. Biasanya trik ini akan membuat tingkat plagiasi turun menjadi 10% dan cukup memuaskan.

Misalnya kata “instal“ (American English)  bisa diubah ke “install“ (English British)

Mengubah Letak Kata Benda

Trik selanjutnya yang bisa kamu coba adalah mengubah letak kata benda dalam sebuah kalimat. Pada dasarnya, ini hanyalah permainan kata saja namun layak dicoba supaya bisa lolos dari Turnitin.

Misalnya kalimat “penemuan Arca Ganesha terbaru..“ bisa diubah menjadi “penemuan terbaru dari Arca Ganesha..

Mengubah Urutan Kata Menjadi Acak

Biasanya trik ini diterapkan dalam kalimat yang berisikan list (daftar) suatu barang atau objek. Misalnya dari kalimat “objek penelitian ini adalah sapi, kambing, ayam, dan bebek.“ Jika diubah urutan daftarnya bisa menjadi “ objek penelitian ini adalah kambing, bebek, sapi, dan ayam.“

Memperpendek kalimat

Trik selanjutnya untuk lolos dari Turnitin adalahd dengan memperpendek kalimat yang ada. Cara ini bisa membuat kalimat menjadi lebih efektif dan tidak bertele – tele. Misalnya “materi akuntansi yang disampaikan dosen di kelas tadi sulit dipahami olehku“, jika diperpendek bisa menjadi “materi akuntansi tadi sulit kupahami“.

Gunakan Tanda Kutip Secara Acak

Trik lain yang bisa kamu lakukan untuk mengakali Turnitin adalah dengan menggunakan tanda kutip pada beberapa kata atau kalimat dari sebuah sumber lalu menyertakan sumber tersebut. Setelah itu, klik Exclude kutipan tadi supaya lolos Turnitin.

Kamu juga bisa memberikan tanda kutip pada bagian yang tidak seharusnya diberi tanda kutip. Jangan lupa mewarnai tanda kutip tersebut dengan warna putih sehingga tidak akan terdeteksi plagiasi oleh Turnitin.

Tuliskan Daftar Pustaka

Dalam membuat sebuah karya tulis ilmiah seperti skripsi, tentunya kamu memerlukan sebuah atau beberapa teori dari para ahli. Nah di prosedur penulisan skripsi, biasanya sumber referensi ini wajib ditulis, entah itu di food note atau di daftar pustaka. Kamu juga harus menuliskan redaksinya dengan benar ya, muali dari nama, tahun terbit, judul buku atau jurnal, kota, hingga nama penerbit. 

Hindari Memakai Referensi Resmi

Biasanya redaksi yang menggunakan referensi resmi, seperti undang – undang, peraturan pemerintah, edaran pusat, petunjuk operasional, dan lainnya tidak bisa diubah. Oleh karena itu, minimalkan penggunaan sumber seperti ini karena bisa membuat tulisan terdeteksi plagiasi oleh Turnitin.

Menambah Huruf Di Kata Tertentu

Cara nakal selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menambahkan sembarang huruf di sebuah kata atau mengulangi huruf terakhir dari sebuah kata lalu di beri warna putih. Cara ini juga bisa cukup sukses untuk mengakali Turnitin sehingga bebas dari plagiarisme.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Trik terrakhir yang bisa kamu coba supaya lolos pengecekkan di Turnitin adalah dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Dalam kasus ini kamu bisa mencoba menggunakanaplikasi Light Shot. Dengan aplikasi ini, kamu bisa menyorot area yang terkena indikasi plagiasi. Nantinya area tersebut akan diubah menajdi format gambar, sehingga ketika dicek ulang menggunakan Turnitin tidak akan terdeteksi plagiasi.

Jika kamu memiliki kendala dalam pengecekkan Turnitin, kami menyediakan jasa parafrase untuk menurunkan persentase Turnitin. Dibantu oleh tim  berkualitas dan berpengalaman di bidangnya serta harga yang terjangkau, kamu bisa mempercayakan pengecekkan Turnitin di kami.

Layanan Jasa konversi Tesis/Disertasi/Hasil Penelitian menjadi Artikel jurnal Klik Disini

Layana Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Proofreading Jurnal Klik Disini

Layanan JasaPembuatan Slide Presentasi Klik Disini

Jasa Review Jurnal Klik Disini

Jasa Menurunkan Persentase Turnitin Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan komunikasikan kebutuhan anda dengan team jurnal kami!

Kak, Ada Yang Bisa Kami Bantu?