Memiliki Dampak yang Besar, Ketahuilah Cara Mereview Makalah dengan Baik!

Memiliki Dampak yang Besar, Ketahuilah Cara Mereview Makalah dengan Baik!

Bagi Anda yang berkecimpung di dunia akademisi tentu tidak asing lagi dengan kegiatan mereview makalah. Namun jika Anda baru pertama kali membuat review makalah tidak ada salahnya untuk melihat contoh review makalah dari berbagai literatur untuk menambah pengetahuan Anda ketika membuatnya nanti.

Sebelum mengetahui cara membuat review makalah dengan baik, pernahkah Anda mengetahui apa yang dimaksud dengan mereview makalah? Perlu Anda ketahui bahwa mereview makalah dapat didefinisikan sebagai kegiatan menilai suatu artikel, baik artikel ilmiah maupun non ilmiah.

Namun, banyak sekali yang masih menganggap remeh kegiatan mereview makalah. Seringkali dari kalangan mahasiswa yang mengartikan kegiatan mereview makalah sama dengan kegiatan meringkas makalah. Padahal kegiatan mereview tidak hanya sekedar meringkas saja, kegiatan mereview dapat mencakup penilaian yang meliputi struktur bahasa, ejaan, dan kata-kata yang digunakan.

Ciri-ciri Teks Review

Setelah membaca beberapa contoh review makalah, Anda akan menjumpai hal-hal yang menjadi ciri khas dari teks review. Tidak hanya terdapat dalam contoh review makalah saja, ciri-ciri tersebut juga terdapat dalam hampir semua teks review lainnya. Berikut ini adalah ciri-ciri dari teks review;

  1. Menggunakan kalimat yang lebih kompleks.
  2. Terdapat banyak perumpamaan dalam teks.
  3. Terfokus pada satu hal tertentu.
  4. Hampir dalam setiap kalimatnya terdapat kata sifat, misalnya buruk, bagus, dan sebagainya.

Tujuan Membuat Review Makalah

Setelah melihat beberapa contoh review makalah pasti Anda telah memiliki beberapa alasan mengapa harus menentukan jenis makalah yang akan dibuat reviewnya. Secara umum, tujuan utama dari kegiatan mereview adalah memberikan penilaian terhadap suatu karya yang dapat digunakan untuk memberikan informasi maupun abstraksi dari sebuah karya maupun produk sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat banyak.

Dari tujuan umum tersebut, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kegiatan mereview makalah bertujuan untuk memberikan suatu penilaian terhadap makalah yang berupa kritik maupun saran, sehingga pihak yang menggunakan dapat menangkap informasi maupun gambaran isi dari suatu makalah.

Setiap penulis memiliki tujuan yang berbeda-beda dalam melakukan kegiatan mereview makalah. Namun, setelah Anda melihat contoh review makalah Anda diharapkan telah menetapkan tujuan sebelum mrmbuat reviewnya. Dalam hal ini tujuan dianggap penting agar tidak menyimpang dari koridor utama dalam kegiatan mereview.

Struktur Review

Perlu Anda ketahui, struktur teks review berbeda dengan teks lain. Dari beberapa contoh review makalah, secara keseluruhan struktur teks review sebagai berikut.

1. Identitas Objek Review

Struktur ini sering disebut juga sebagai bagian introduksi atau pengenalan. Pada struktur ini berisi mengenai gambaran umum mengenai bahan yang akan direview. Gambaran umum tersebut berisi mengenai identitas bahan yang direview, latar belakang, tujuan, manfaat, dan alasan.

Selain itu, jika Anda membuat review makalah ini untuk memenuhi tugas dari dosen, maka jangan lupa juga untuk mencantumkan tanggal tugas diberikan, tanggal selseai disusun, nama mata kuliah, nama dosen pengampu, dan tahun akademik.

2. Evaluasi (evaluation)

Kemudian yang kedua adalah evaluasi. Pada struktur ini penulis akan memberikan deskripsi detail kepada pembaca mengenai hal yang menjadi bahan review. Penulis akan berusaha memberikan gambaran sehingga pada struktur ini penulis akan memaparkan bahan yang direview secara detail.

Tahap evaluasi, dan interpretasi merupakan tahapan inti dari proses pembuatan review makalah. Di sini, Anda harus mencantumkan keseluruhan dari bagian makalah yang direview, mulai dari sampul, kata pengantar, daftar isi, daftar gambar, daftar tabel, hingga daftar pustaka.

3. Interpretasi (Interpretation)

Kemudian tahapan inti selanjutnya adalah interpretasi. Di sini penulis akan memberikan point of view dari bahan yang direview. Hal tersebut meliputi penjelasan kelebihan maupun kekurangan hingga perbandingan bahan yang direview dengan hal lain yang dinilai memiliki kesamaan jika ditinjau dari segi tertentu.

Fokus reviewnya akan mengacu pada bagian atau bab yang ada di dalam makalah mulai dari bab pertama hingga bab terakhir. Kemudian konsistensi kuantitatif, kualitatif antara masalah, tujuan, serta manfaat yang terkandung di dalamny ajug atidak kalah penting untuk diperhatikan.

4. Kesimpulan

Dan bagian yang terakhir adalah kesimpulan. Bagian ini merupakan struktur akhir dari teks review. Kesimpulan memaparkan hasil review yang telah dilakukan oleh penulis. Pada tahapan ini penulis akan memaparkan isi secara garis besar dan pendapat penulis mengenai bahan yang telah diulas.

Dalam bagian kesimpulan ini, yang harus termuat ke dalam review makalah meliputi implikasi dan rekomendasi dari penulis.

Manfaat Mereview Makalah

Setelah memahami penjelasan mengenai struktur review dan contoh review makalah, Anda pastinya sudah dapat menyimpulkan tujuan penulis mereview sebuah makalah. Tujuan tersebut akan memberikan dampak berupa manfaat yang dihasilkan dari kegiatan mereview tersebut.

Kegiatan mereview makalah tidak hanya mampu memberikan motivasi kepada penulis untuk memperbaiki kualitas tulisan yang dihasilkan, dari kegiatan mereview makalah Anda juga dapat mengetahui sudut pandang penulis dalam belajar untuk menyikapi masalah tersebut dengan argumentasi.

Di samping itu, dengan adanya review makalah dapat mendorong adanya kemajuan beserta penemuan baru dalam bidang tertentu, membantu mengidentifikasi solusi dari suatu permasalahan, dan mampu menghasilkan ide mengenai bidang penelitian lainnya.

Nah itu dia penjelasan mengenai kegiatan merview makalah. Anda juga bisa menemukan contoh review makalah yang telah tersebar di internet, namun Anda dianjurkan untuk tetap waspada dan selektif dalam memilih makalah yang akan direview untuk meminimalisir kendala yang terjadi dalam proses pembuatannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *