Menerjemahkan Jurnal Internasional ke Dalam Bahasa Indonesia

Jurnal internasional banyak dipilih oleh para mahasiswa dan ahli riset lainnya karena diyakini memiliki kredibilitas dan hasil yang lebih terpercaya. namun yang sering kali menjadi hambatan dalam prosesnya adalah bahasa. Meskipun demikian Anda tidak perlu khwatir, karena kini ada cara mentranslate jurnal internasional dengan cepat dan mudah.

Cara Melakukan Translate pada Jurnal Internasional

Ada 3 cara mentranslate jurnal internasional yang bisa Anda pilih. Di antaranya adalah;

1. Mentranslate Jurnal dengan Google Dokumen

Cara mentranslate jurnal internasional yang pertama adalah dengan menggunakan google dokumen. Terjemahan hasil dari google docs dapat terbilang hampir sama dengan jurnal yang asli jika dibandingkan dengan terjemahan dari google translate. Karena terkadang google melkaukan translate sesuai dengan kemauannya sehingga hasil terjemahannya pun menjadi sedikit berbeda dan akurasinya rendah.

Berikut ini adalah cara mentranslate jurnal internasional dengan google docs;

  1. Buka file dokumen yang ada pada google, lalu klik tools
  2. Terjemahkan dokumen jurnal internasional Anda dengan memilih bahasa yang telah disediakan pada kolom, jika sudah lalu klik terjemahkan
  3. selanjutnya Anda tinggal menunggu beberapa waktu hingga hasil dari terjemahan ditampilkan pada tab yang baru

Sangat mudah bukan?  Kelebihan lain yang dimiliki oleh google dokumen yaitu hasil terjemahannya yang akurat,  dan banyak pilihan bahasa yang tersedia. Apabila Anda belum menyimpan dokumen yang hendak diunggah pada google dokumen, maka Anda bisa menguploadnya lewat gdrive.

2. Menerjemahkan Jurnal dengan Google Translate

Cara mentranslate jurnal internasional yang selanjutnya,  yaitu dengan menggunakan google translate. Meskipun cara ini hasil terjemahannya tidak lebih akurat dibandingkan google dokumen, namun google translate juga memiliki kelebihan tersendiri yang tidak dimiliki oleh google dokumen, yaitu menerjemahkan berbalik. Misalnya Anda menerjemahkan dari bahasa inggris ke bahasa Indonesia, kemudian Anda ingin menerjemahkan dari bahasa inggris ke bahasa Indonesia kembali, google translate dapat melakukan hal ini dengan sangat mudah dan cepat.

Bukan hanya itu, Anda juga tetap bisa mengkases google translate untuk menerjemahkan bahasa asing meskipun dalam keadaan offline atau tanpa jaringan internet jika Anda telah mengunduh aplikasi dan bahasa yang dipilih.

Ketika menggunakan google translate, Anda juga bisa memilih ingin mengetiknya secara langsung atau mengupload file jurnalnya. Dan jika Anda ingin menerjemahkan sebagian dari isi jurnal, maka Anda dapat mengetiknya namun jika ingin menerjemahkan seluruh isi jurnal maka Anda bisa mengupload dokumen jurnal.

3. Mentranslate Jurnal Internasional dengan onlinedoctranslator.com

Cara mentranslate jurnal internasional yang terakhir adalah dengan memanfaatkan situs website terjemahan gratis dari onlinedoctranslator.com, pada websote ini, Anda tidak perlu mendownload aplikasi terjemahan apapun. Anda hanya cukup masuk ke dalam situs tersebut, lalu gulirkan krusor di layar Anda ke bawah, hingga muncul tonmol unggah/upload, kemudian unggah dokumen jurnal dalam format PDF.

Setelah dokumen berhasil diupload, tunggu hingga beberapa saat dan hasil terjemahannya akan muncul di layar komputer Anda. dalam prosesnya, situs penerjemah ini akan mendeteksi bahasa yang digunakan dalam jurnal yang Anda upload, kemudian secara otomatis akan memprosesnya ke dalam bahasa yang Anda pilih dan terunduh dalam format PDF. Bukan hanya menerjemahkan saja, dalam situs onlinedoctranslator.com juga tersedia fitur untuk mengubah format file PDF ke dalam bentuk Word maupun JPG.

Kriteria Jurnal Internasional yang Memenuhi Standar

Kriteria dari jurnal internasional yang memenuhi standard an berkualitas tentunya harus dikenali sejak awal agar tidak terjadi kesalahan dalam memilih jurnal. Pemahaman mengenai jurnal internasional dapat membantu Anda dalam memaahami mana yang termasuk jurnal internasional dan yang bukan. Berikut ini ciri-ciri jurnal internasional yang memenuhi standar.

  1. jurnal internasional ditulis dengan mematuhi kaidah ilmiah serta etika dalam keilmuan yang ada
  2. sudah mempunyai ISSN (Nomor Seri Standar Internasional)
  3. ditulis dalam bahasa yang remsi dan diakui oleh PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa). Bahasa resmi PBB contohnya adalah bahasa inggris, bahasa arab, bahasa perancis, bahasa rusia, dan maish banyak lagi)
  4. jurnal internasional memiliki publikasi versi online
  5. dewan redaksi jurnal merupakan pakar di bidangnya dan minimal berasal dari 4 negara yang berbeda
  6. jurnal ilmiah yang diterbitkan dalam satu publikasi harus ditulis oleh setidaknya 4 negara yang berbeda
  7. telah terindeks oleh database internasional yang bereputasi, misalnya seperti Web of Science, Microsoft Academic Search, Scopus, atau laman lain yang telah sesuai dengan pertimbangan dari tim pakar Ditjen Dikti.

Selain itu ada beberapa faktor tambahan yang memengaruhi reputasi jurnal internasional, yaitu;

  1. Menempati posisi tertinggi di dalam penilaian karya ilmiah dan dinilai paling tinggi adalah 40
  2. Jurnal yang telah terindeks database internasional seperti Web of Science Scopus, dan Microsoft Academic Search akan tetapi belum memiliki impact factor dari ISI Web of Science atau SJR (Scimago Journal Rank) pada penilaian karya ilmiah serta mendapat nilai paling tinggi sebesar 30.
  3. jurnal telah memenuhi kriteria pada poin 7 di atas, dan belum terindeks pada database internasional bereputasi, dan telah terindeks pada database internasional seperti DOAJ, CABI, Copernicus dan mendapatkan nilai paling tinggi sebesar 20.

Itu dia penjelasan mengenai jurnal internasional, mulai dari cara mentranslate jurnal internasional, hingga kriteria standar yang harus dipenuhi oleh jurnal internasional. Cara mentranslate jurnal internasional terbilang sangat mudah. jadi Anda tidak perlu kebingungan jika mendapati kesulitan dalam membacanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *