Mengapa Harus Membuat Review Jurnal?

Mengapa Harus Membuat Review Jurnal?

Review jurnal adalah sebuah ulasan yang memiliki tujuan untuk megetahui kualitas dari bahasan yang ada di dalamnya. Pada bidang pendidikan, review jurnal lebih mengarah kepada pengembangan ilmu pengetahuan. Cara membuat review jurnal pada intinya adalah Anda harus menguasai keseluruhan isi dari jurnal tersebut.

Manfaat yang bisa Anda dapatkan membuat review jurnal adalah dapat menguji pemahaman dari pembuat review tentang topik yang dibahas dalam sebuah jurnal. Hasil review jurnal bisa menjadi sebuah rujukan awal bagi pembaca dalam melakukan riset berikutnya, review jurnal bisa dapat membuat pembaca untuk mengetahui sudut pandang orang lain tentang topik yang dibahas dalam suatu jurnal, dapat meningkatkan kemampuan bertata bahasa yang benar, melatih berargumen, hingga membuat wawasan mengenai suatu topik populer yang dibahas di dalam jurnal.

Layanan Jasa konversi Tesis/Disertasi/Hasil Penelitian menjadi Artikel jurnal Klik Disini

Jasa Review Jurnal/Critical Review Klik Disini

Jasa Menurunkan Persentase Turnitin Klik Disini

Layana Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Proofreading Jurnal Klik Disini

Layanan JasaPembuatan Slide Presentasi Klik Disini

Jasa Penulisan Buku Ajar/Umum Klik Disini

Perhatikan Hal ini Sebelum Membuat Review Jurnal

Pada intinya, membuat review jurnal akan sangat berguna, baik bagi orang lain, maupun bagi penulis sendiri. Sebelum Anda membuat review jurnal, ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan, di antaranya adalah;

1. Periksa Tujuan dan Ruang Lingkup Jurnal yang Akan Anda Buat Reviewnya

Sebelum Anda melakukan pembuatan review jurnal, maka Anda tentu harus menentukan jurnal tujuan atau jurnal yang akan dibuat reviewnya. selain itu, mengetahui ruang lingkup dari jurnal yang akan direview juga penting untuk dilakukan. Meanfaat yang bisa didapatkan dalam mengetahui kedua hal ini sebelum membuat review jurnal adalah membantu Anda agar tidak salah memilih jurnal yang tidak sesuai dengan bidang minat yang dimiliki.

2. Pilihlah Jurnal yang Memiliki Relevansi

Apabila tujuan Anda dalam membuat review jurnal adalah untuk dijadikan sebagai bahan rujukan atau sumber referensi maka tentunya topik yang dibahas da nisi jurnal harus memilikki relevansi.oleh sebab itu, penting bagi para pembuat review untuk memperhatikan terlebih dahulu mengenai topik jurnal yang dipilih dengan topik penelitian yang dilakukan.

3. Periksa Orisinalitas yang Dimiliki oleh Jurnal

Orisinalitas dapat disebut jug asebagai keaslian jurnal. Hal ini juga merupakan bagian yang penting untuk diperiksa sebelum Anda memilih jurnal. Dengan memilih jurnal yang mempunyai orisinilitas maka tentunya nilai dari hasil review yang telah Anda buat akan memiliki nilai dan kredibilitas yang tinggi.

Sebagai bahan pertimbangan, sebaiknya pilihlah jurnal yang telah terideks scopus untuk menghindari kesalahan dalam memilih jurnal yang asli. Dan apabila Anda mencarinya pada situs-situs penyedia jurnal maka pastikan bahwa jurnal pilihan Anda telah resmi terdaftar.

4. Perhatikan Bagian Diskusi dan Kesimpulan di dalam Jurnal

Dengan memperhatikan bagian diskusi dan bagian kesimpulan, maka Anda bisa memperoleh gambaran atau deskripsi secara sekilas mengenai hasil yang didapatkan dari riset di dalam jurnal tersebut terkait dengan solusi, metode penelitian yang digunakan, dan lain-lain.

Gambaran yang telah Anda dapatkan dnegan membaca dua biagian ini, tentunya akan membantu Anda mengetahui seberapa bagus atau seberapa sesuainya jurnal yang Anda pilih dengan topik yang Anda butuhkan.

Langkah-langkah Melakukan Review Jurnal

Untuk melkukan kegiat review jurnal, Anda harus membaca isi jurnal secara keseluruhan, setelah itu terapkan langkah-langkah berikut ini;

1. Membaca Isi Naskah Secara Aktif

Langkah pertama yang haru s Anda lakukan dalam membuat review jurnal adalah dengan memperhatikan isi naskah. Pertama apabila artikel hasil review Anda akan diterbitkan dalam sebuah publikasi maka periksa pedoman gaya dan formatnya. Hal ini akan membantu Anda dalam mengevaluasi dan menyusun review jurnal.

Kemudian yang kedua adalah membaca artikel dengan teknik skimming agar dapat mengetahui pertanyaan atau permasalahan umum yang dibahas di dalam sebuah jurnal. Mulailah membaca dari judul, abstrak, heading, hingga kesimpulan.

Kemudian yang ketiga adalah membaca keseluruhan dari isi jurnal dengan tujuan untuk mmebangun kesan yang menyeluruh, mengidentifikasi tesis dari artikel jurnal, argumentasi utama, serta menggarisbawahi yang menjadi posiis pendahuluan dan kesimpulan dalam jurnal.

Kemudian yang ke empat adaalh meneliti kembali bagian artikel jurnal secara bagian demi bagian. Anda disarankan memakai margin tepi naskah dalam menyisipkan komentar pribadi. Dalam proses membaca mendalam, analisislah seberapa baik jurnal tersebut dalam menjelaskan dan menyelesaikan masalah utamanya. Jika perlu, tanyakan apakah penelitian yang dilakukn penting, kemdian apa kontribusi yang diberikan penelitian tersebut keoada suatu bidang yang diteliti. Pada tahap ini, berilah catatan yang berkaitan dengan setiap inkonsistensi atau masalah saltik di dalam jurnal tersebut.

2. Membuat Evaluasi Jurnal

Kemudian bagian yang terakhir dari membuat review jurnal adalah mengevaluasinya. Langkah mengevaluasi yang pertam aadalah memutuskan seberapa baik abstark serta kata pengantar jurnal. Kemudian barulah menilai masalah yang dibahas, teknik pengumpulan datanya,hasil yang didapatkan dan signifikasinya.

Perhatikan apakah jurnal tersebut memiliki dasar yang jelas, atau bisa jadi ada kesalahan dalam menyatakan suatu permasalahan, hipotesis, serta penjelasan metode penelitian yang ada di dlam jurnal. Ketika Anda menemukan sebuah teori yag dapat mematahkan hipotesis maka tidak ada salahnya untuk memberikannya komentar.

Kemudian yang kedua adalah mengevaluasi referensi atau tinjauan pustaka yang digunakan di dalam jurnal artikel. Pastikan bahwa sumber referensi yang Anda gunakan berwibawa, dan bagaimana tinjauan pustaka yang meringkas sumber.

Lalu yang ketiga yaitu memeriksa metode penelitian yang dipakai. Metode penelitian dalam sebuah jurnal tentunya harus masuk akal dalam menjelaskan suatu permasalahan yang ada di dalam jurnal. Salah satu fungsi utama dari membuat review jurnal adalah untuk memeriksa hal ini. bandingkan dengan metode lain yang mungkin lebih efektif untuk digunakan pada topi tersebut.

Nah itulah penjelasan mengenai mereview jurnal. Membuat review jurnal adalah kegiatan yang dapat membuat Anda terlatih lebih cermat, berbahasa, dan berpikir kritis.

Layanan Jasa konversi Tesis/Disertasi/Hasil Penelitian menjadi Artikel jurnal Klik Disini

Jasa Review Jurnal/Critical Review Klik Disini

Jasa Menurunkan Persentase Turnitin Klik Disini

Layana Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Proofreading Jurnal Klik Disini

Layanan JasaPembuatan Slide Presentasi Klik Disini

Jasa Penulisan Buku Ajar/Umum Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *