Mengenal Turnitin, Software Pendeteksi Plagiarisme

Mengenal Turnitin, Software Pendeteksi Plagiarisme

Mengenal Turnitin, Software Pendeteksi Plagiarisme – Di dunia pendidikan, tindakan jiplak – menjiplak naskah atau plagiarisme memanglah suatu momok yang cukup menyeramkan. Apalagi untuk para mahasiswa, ketika diberi tugas untuk membuat makalah, lebih – lebih tugas akhir atau skripsi, tindakan plagiarisme menjadi sangat dilarang. Bahkan para dosen pun mengalami hal yang sama, ketika dituntut untuk membuat sebuah penelitian ilmiah.

Oleh karena itu, sangatlah dibutuhkan sebuah alat untuk mengecek tingkat orisinalitas sebuah dokumen yang sudah dibuat supaya terhindar dari tindakan plagiarism. Nah di pembahasan kali ini, kita akan mengenal sebuah software pendeteksi plagiarism yang bernama Turnitin.

Apa itu Turnitin ?

Software turnitin, atau lebih tepatnya turnitin.com adalah sebuah website yang memang dirancang khusus untuk para akademisi untuk mendeteksi plagiarisme sebuah dokumen. Mungkin masih banyak orang yang sangat asing dengan Turnitin, namun bila sudah mengenalnya maka akan sangat bermanfaat, baik untuk dosen mau pun mahasiswa.

Bagi dosen, website ini bisa digunakan untuk mengecek tugas kuliah siswa hingga skripsi, apakah terdapat tindak plagiasi di dalamnya, terutama skripsi yang membutuhkan banyak referensi. Hal ini juga bisa diterapkan ke dosen jika sedang melakukan penelitian. Sedangkan mahasiswa, akan terbantu untuk mendeteksi plagiasi di tulisannya dan bisa diperbaiki dengan segera.

Jasa Menurunkan Persentase Turnitin Klik Disini

Layanan Jasa konversi Tesis/Disertasi/Hasil Penelitian menjadi Artikel jurnal Klik Disini

Layana Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Proofreading Jurnal Klik Disini

Layanan JasaPembuatan Slide Presentasi Klik Disini

Jasa Review Jurnal Klik Disini

Manfaat Menggunakan Turnitin

Apa Keunggulan Dari Turnitin ?

Mungkin banyak yang bertanya – tanya, apakah kelebihan dan keunggulan dari Turnitin ini, mengapa sangat dielu – elukan sebagai alat pendeteksi plagiarisme yang sangat direkomendasikan. Yuk simak kelebihan yang dimiliki oleh Turnitin ini.

  1. Turnitin mampu untuk mendeteksi plagiasi dalam banyak bahasa

Ketika membuat sebuah tugas, tidak hanya Bahasa Indonesia saja yang digunakan. Jika kamu memilih jurusan bahasa asing, maka skripsi dan tugas – tugas lainnya akan menggunakan bahasa yang sesuai dengan jurusan yang diambil. Hal inilah yang terkadang membuat mahasiswa merasa sulit ketika harus membuat sebuah tulisan dan harus terbebas dari indikasi plagiasi.

Dengan adanya turnitin, mahasiswa hanya perlu untuk mensubmit dokumen yang sudah dibuat di website turnitin.com dan menunggu hasilnya. Turnitin menggunakan sumber dan referensi yang ada di intenet sehingga tingkat akurasinya sangat tinggi. Biasanya hasil cek akan diberi indikasi tertentu, ada berapa persen plagiasinya serta bagian mana yang mengandung plagiasi atau kata – kata yang sama dengan sumber yang lain.

Namun jika tidak menggunakan alat ini, tentu kamu bisa membayangkan betapa sulitnya mendeteksi plagiasi bukan ? Kamu harus membuka satu per satu referensi yang digunakan untuk membuat tugas atau skripsi untuk mengecek bagian mana yang sama, entah itu kata atau kalimat.

  1. Adanya program peer – cheecking

Dengan adanya program ini, mahasiswa akan sangat terbantu dalam mendetesksi plagiasi di karya tulisnya. Setelah dokumen berhasil di cek oleh Turnitin, maka hasil sudah bisa dilihat. Di dalam program ini, mahasiswa dan dosen bisa saling berinteraksi melalui kolom komentar, sehingga proses revisi bisa langsung dikerjakan.

Bahkan dengan Turnitin, dosenn juga bisa memberikan nilai dan highlight pada tugas mahasiswa. Jadi semua bisa dilakukan hanya dengan satu media, simpel bukan.

  1. Hemat kertas

Selain bisa mendeteksi plagiasi, Turnitin ini juga bisa digunakan sebagai sebuah kelas, termasuk sebagai tempat untuk mengumpulkan tugas – tugas kuliah. Dengan cara ini, kamu tidak perlu lagi melakukan print dengan kertas  – kertas karena tugas sudah dikumpulkan secara online. Selain menghemat kertas dan tinta printer, kamu juga sudah menghemat uang sekaligus menjaga bumi agar tetap hijau.

Kalau Kelemahan Turnitin, Apa Saja ?

Sesuai pepatah, ada kelebihan tentu saja terdapat kekurangan. Begitu pun dengan Turnitin ini. Sebagai sebuah alat atau media, Turnitin tentu saja memiliki database data yang telah disubmit.

Ketika kamu melakukan submit dokumen di Turnitin, biasanya dokumen tersebut tidak akan dihapus secara permanen dari database. Dengan kata lain, dokumen – dokumen ini akan menjadi arsip tersendiri bagi turnitin. Sistem seperti ini sering disebut sebagai Turnitin Repository.

Jika program ini terus dihidupkan, maka bisa berakibat buruk. Ketika kamu mensubmit ulang dokumen, maka persentase plagiasi akan semakin naik sehingga kamu bisa pusing karena highlight akan semakin banyak.

Namun jangan khawatir, kamu masih bisa mensiasatinya dengan menonaktifkan repository menjadi no repository. Ini lebih umum dikenal dengan Turnitin No Repository. Di sini, dokumen yang sudah disubmit tidak akan tersimpan di database Turnitin, sehingga akan tetap aman apabila kamu submit dokumen yang sama berulang kali.

Bagaimana Cara Kerja Turnitin ?

Sebagai pengguna Turnitin, kamu juga harus mengetahui bagaimana cara kerja dari software ini. Turnitin memiliki beberapa cara kerja, yaitu

  1. Turnitin bisa melakukan pengecekkan terhadap suatu dokumen dengan informasi atau referensi yang ada di database website atau aplikasi yang ada di website untuk mendeteksi p Ini disebut dengan Originality Check.
  2. Turnitin bisa digunakan untuk sebagai sarana mengurangi penggunaan kertas karena tulisan bisa dibuat dan dikumpulkan secara online (paperless). Ini disebut dengan Grademark Digital Assesment.
  3. Turnitin bisa digunakan sebagai sarana untuk pengecekkan tugas atau skripsi, tergantung dosen. Ini disebut dengan Peermark.
  4. Turnitin bisa digunakan untuk memberikan memberikan tugas kepada mahasiswa yang tergabung di dalam suatu kelas. Ini disebut dengan Gradebook.

Nah demikianlah beberapa ulasan mengenai Turnitin, aplikasi untuk mengecek plagiarisme. Meski pun kamu bisa terbantu dengan adanya alat ini, namun kamu tetap  harus mengutamakan keaslian tulisanmu sendiri, tanpa harus menjiplak karya orang lain.

Jika kamu memiliki kendala dalam pengecekkan Turnitin, kami menyediakan jasa parafrase untuk menurunkan persentase Turnitin. Dibantu oleh tim  berkualitas dan berpengalaman di bidangnya serta harga yang terjangkau, kamu bisa mempercayakan pengecekkan Turnitin di kami.

Jasa Menurunkan Persentase Turnitin Klik Disini

Layanan Jasa konversi Tesis/Disertasi/Hasil Penelitian menjadi Artikel jurnal Klik Disini

Layana Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Proofreading Jurnal Klik Disini

Layanan JasaPembuatan Slide Presentasi Klik Disini

Jasa Review Jurnal Klik Disini

Manfaat Menggunakan Turnitin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan komunikasikan kebutuhan anda dengan team jurnal kami!

Kak, Ada Yang Bisa Kami Bantu?