Mereview Jurnal Internasional

Mereview Jurnal Internasional

Salah stau hambatan terbesar bagi seseorang yang hendak menggunakan jurnal internasional adalah bahasanya yang tidak mudah untuk dipahami. Karena hingga kini masih banyak orang yang belum memahami cara untuk mencari penerjemah jurnal.

Padahal caraanya terbilang sangat mudah sekali, yang paling umum diketahui adalah melalui google translate. Padahal selain itu, masih banyak penerjemah jurnal yang lain termasuk dengan situs online. Ketika hadir lebih banyak tools untuk penerjemah jurnal maka seharusnya perbedaan bahasa tidak lagi menjadi batasan.

Contoh Review Jurnal Internasional Manajemen

Perhatikan contoh review jurnal internasional di bawah ini!

Judul                                 : Strategy Management Accounting Practices in Croatia

Jurnal                               : The Jurnal of International Management Studies

Volume dan halaman : Volume 7, halaman 93-100

Tahun                              : Oktober 2012

Penulis                            : Branka Ramjlak dan Andrijana Rogosic

Reviewer                       : Abdul Aziz

Tanggal                           : 29 Desember 2015

Tujuan Penelitian       : penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan mengenai praktik akuntansi manajemen strategis beserta implikasinta pada relevansi serta ketepatan waktu manajer informasi yang dipergunakan

Subjek Penelitian       : Subjek dari penelitian yang dilakukan dalam jurnal ini adalah 400 perusahaan berskala makro yang berlokasi di Kroasia. Total aset yang dimiliki adalah sebanyak 130.000.000 kunas, 260.000.000 pendapatan dari kunas dengan jumlah rata-rata karyawan adalah 250 selama satu tahun keuangan. Terdapat sebanyak 17,75% responden memilih tidak menjawab pertanyaan.

Assasment Data          : menggunakan data dari kuesioner, mellaui panggilan telepon, pos, e-mail, dan yang dikirim oleh manajer sebagai responden.

Metode penelitian      : intrumen penelitian yang digunakan dalam jurnal ini adalah 5 jenis titik skala likert, dan mengadaptasi bagian dari hasil riset terdahulu

Langkah Penelitian    : langkah dari penelitian yang digunakan di bulan April, Mei, dan Juni 2011 adalah dilakukan perekrutan sejumlah 400 responden dari perusahaan berskala makro di kroasia.yang menjadi reponden adalah manajer perusahaan yang telah mendapat persetujuan mengenai penelitian tersebut.

Paket kuesioner untuk responden dikirimkan melalui e-mail, pos, ada juga yang ,melalui telepon. Lalu instrument survei mengambil data dari hasil penelitian terdahulu.

Hasil Penelitian           : Berdasarkan jurnal tersebut, hasil analisa dari penelitian yang telah dilakukan adalah; perusahaan di kroasia telah menerapkan sebuah metode yang lebih canggih dalam bidang akuntansi manajemen strategis, kemudian terdapat 66% dari perusahaan sampel menggunakan salah stau dari teknik akuntansi, sebanyak 40% perusahaan telah menerapkan teknik penetapan biaya berdasarkan pada aktivitasnya, lalu ada 39% perusahaan memberlakukan kualitas biaya.

Kekuatan                        : kekuatan dari penelitian ini yaitu alat yang digunakan di dalamnya berupa kuesioner dan mudah untuk digunakan oleh subjek penelitian.

Kelemahan Penelitian : kelemahan yang ada di dalam penelitian ini adalah tingkat dari responnya yang masih relative rendah, selain itu ada terlalu banyak metode yang digunakan dalam proses riset, kemudian anggaran penelitian juga bertambah karena harus mengirimkan kuesioner kepada responden melalui jalur pos.

Kesimpulan                   : kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini adalah hasil dari penelitian mampu memberikan efek yang bersinergi dan positif dari manajemen strategis implementasi teknik akuntansi yang berbeda-beda. Dengan adanya penelitian ini diharapkan seorang manajer dapat memiliki tambahan wawasan terkait dengan penyususunan rencana perusahaan, dan pengambilan keputusan ke depannya.

Ketika Anda membuat review jurnal internasional, maka Anda bisa menggunakan bahasa yang telah ditentukan baik lokasl maupun asing, yang pasti jangan menjadikan bahasa sebagai hambatan karena saat ini telah banyak situs penerjemah jurnal yang bisa Anda pilih.

Namun jika Anda mendapatkan tugas review jurnal internasional dari dosen, maka lebih baik membuatnya dengan bahasa inggris agar tampak lebih formal. Jangan lupa untuk memahami keseluruhan isinya sebelum menulis. Anda juga boleh menggunakan penerjemah jurnal jika dibutuhkan.

Tips Sebelum Membuat Review Jurnal Internasional

Selain memerlukan penerjemah jurnal, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini sebelum Anda membuat jurnal!

1. Pilih Jurnal yang Relevan dengan Bidang

Jurnal yang akan Anda pilih untuk sumber referensi atau rujukan sebaiknya harusmemiliki relevansi dengan bidang ilmu yang Anda gemari. Selain itu, segi orisinalitas jurnal juga perlu diperhatikan agar dapat memastikan kredibilitas hasil review Anda.

2. Baca isi Jurnal Secara Keseluruhan

Membaca isi jurnal secara menyeluruh sangat penting untuk dilakukan untuk memahami lebih jelas mengenali isinya. Jangan lupa juga untuk mencatat hal-hal yang penting.

Tulis apakah hasil riset yang telah dilakukan tersebut penting dan bisa memberikan kontribusi atau manfaat dan nilai guna bagi orang yang membacanya. Kemudian cermati bagaimana konsistensi dalam penulisan bahasanya, penyusunan, apakah ada kesalahan dalam pengetikan atau format penulisan.

3. Tulis Identitas dari Jurnal

Tuliskan identitas dari jurnal tersebut, mulai dari nama author, judul artikel jurnal, nama jurnal yang mempublikasikan artikel, nomor jurnal, volume, edisi ke berapa, tahun terbit dan jumlah halaman pada jurnal. Penulisan identitas jurnal ini bertujuan untuk memudahkan para pembaca untuk penulisan daftar pustaka dan sitasi.

4. Tulis Ringkasan Jurnal sebagai Pembuka

Keseluruhan dari isi jurnal perlu diringkas mulai dari latar belakang masalah, tujuan penulis dalam membuat artikel, tinjauan pustaka, metode yang digunakan dalam riset hingga hasil riset yang di dapatkan  secara detail.

5. Tulis Opini Pribadi Anda

Setelah usai dengan ringkasan, maka selanjutnya Anda perlu menyisipkan ide atau gagasan berupa pendapat pribadi mengenai jurnal. Jangan lupa cantumkan saran yang membangun terkait dengan isi jurnal yang Anda review.

6. Tulis Kesimpulan

Pada bagian akhir review jurnal, tambahkan kesimpulan berupa pemahaman atau pendapat Anda secara garis besar mengenai isi jurnal.

Ketika Anda baru pertama kali membuat review jurnal internasional, kemungkinan Anda akan lebih akrab dengan situs penerjemah jurnal. Jika Anda memiliki cukup banyak waktu, gunakanlah penerjemah jurnal secara perkata agar dapat menambah kamus kosa kata asing baru untuk Anda.

Layanan Jasa konversi Tesis/Disertasi/Hasil Penelitian menjadi Artikel jurnal Klik Disini

Jasa Review Jurnal/Critical Review Klik Disini

Jasa Menurunkan Persentase Turnitin Klik Disini

Layana Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Proofreading Jurnal Klik Disini

Layanan JasaPembuatan Slide Presentasi Klik Disini

Jasa Penulisan Buku Ajar/Umum Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *