Penting Diperhatikan saat Membuat Review Jurnal

Penting Diperhatikan saat Membuat Review Jurnal

Review jurnal adalah sebuah ringkasan yang berisi evaluasi terhadap artikel dari penulis yang lain. Kegiatan mereview jurnal seringkali di lakukan oleh kalangan tenaga pendidik dan mahasiswa. Elemen yang paling penting dari review jurnal adalah evaluasi logis dari tema utama jurnal artikel. Argumen pendukung penulis, serta arti implikasinya kepada riset yang selanjutnya.

Mengapa membuat review jurnal begitu penting? Hal ini dikarenakan review jurnal dapat membantu Anda dalam mengerjakan topik yang bersumber padanya dengan lebih cepat. Oleh sebab itu, review jurnal yang telah dibuat akan bermanfaat bagi penelitian yang lainnya. Selain itu, review jurnal juga dapat memperkenalkan literatur kunci yang terdapat pada kondisi lapangan saat ini.

Jika Anda baru pertama kali membuat review jurnal, maka carilah review jurnal contoh yang relevan dengan topik yang Anda cari. Namun jika Anda masih belum memahami terkait dengan review jurnal contoh yang diberikan, maka simak penjelasan di bawah ini!

Tips Membuat Review Artikel Jurnal

Secara umum, review jurnal contoh yang baik akan dibuat melalui dua tahapan seperti di bawah ini;

1. Ringkaslah isi artikel

Anda perlu menggarisbawahilah poin-poin utama, gagasan, klaim, dan informasi yang disajikan di dalam jurnal. lalu tentukan poin-poin positif serta identifikasikan pada aspek-aspek yang kuat, gagasan-gagasan, dan observasi yang penuh dengan pengetahuan dari si penulis.

selanjutnya, coba temukan apakah penulis mempunyai celah yang dapat dikritik dalam jurnal tersebut, lalu apakah penulis juga mempunyai cukup banyak opini dan informasi yang dapat mendukung ide atau tidak,  jika tidak maka jadikan hal tersebut sebagai bahan komentar dalam review Anda.

pada bagian yang terdapat dalam review jurnal contoh yang telah Anda cari pasti hal ini harus ada dan tidak boleh diabaikan.

2. Tinjau Kembali Hasil review

Sunting kembali mulai dari bagian judulnya, abstraksi, kata pengantar, subjudul, kalimat pembuka, hinggga kesimpulannya. Anda bisa melakukan teknik skimming atau hanya membaca bagian awal dan akirnya saja untuk menemukan poin utama yang penulis sisipkan. Poin utama jurnal tentu sangat penting untuk dimasukkan ke dalam review yang Anda buat.

Apa saja Jenis-jenis Review Jurnal?

Jurnal terbagi ke dalam 3 jenis, dan masing-masing jenisnya memiliki review jurnal contoh masing-masing. Untuk mengentahui lebih jelasnya, simak penjelasan di bawah ini!

1. Review Artikel Jurnal

Review jurnal contoh yang benar tentunya harus dapat memuat evaluasi dari kelebihan serta kekurangan dari sebuah artikel jurnal. Selain itu, review jurnal contoh juga harus mampu membuat pembaca paham mengenai nilai dari suatu jurnal.

2. Review Jurnal Penelitian

Jenis jurnal yang kedua adalah jurnal riset. Review jurnal yang satu ini sedikit berbeda dengan yang lainnya. Pada umumnya jurnal penelitian dihunakan sebagai alat untuk mengevaluasi metodologi penelitian yang dipakai serta mengandung informasi yang terkait dengan retropeksi dan kritik.

3. Review Jurnal Sains

Jurnal merupakan sebuah publikasi ilmiah dan tergolong ke dalam ranah sains. Publikasi dari jurnal imliah berisi informasi tentang latarbelakang yang dapat digunakan untuk bahan analisis publikasi.

Manfaat Membuat Review Jurnal

1.dari hasil review jurnal yang Anda buat bisa dipakai sebagai bahan rujukan awal untuk oranglain yang hendak melakukan penelitian selanjutnya.

  1. Bisa menguji pemahaman penulis tentang topik yang ada di dalam jurnal
  2. Review jurnal dapat memungkinkan pembaca untuk bisa melihat suatu permasalahan dari perspektif orang lain, sehingga dapat keluar dari bias pribadi
  3. bisa meningkatkan kemampuan dalam bertata bahasa dan berargumentasi
  4. bisa membantu memperluas wawasan dan pemahaman penulis tentang suatu topik yang dibahas dalam jurnal.

Tips Membuat Review Jurnal

1. Pilihlah Jurnal yang memiliki relevansi dengan tema/ tugas yang diberikan oleh dosen Anda

Banyak sekali jenis jurnal ilmiah yang disediakan dengan berbagai bidang serta topik. Ketika Anda akan memilih jurnal untuk membuat review sebagai tugas kuliah atau referensi skripsi, maka Anda harus memahami pokok atau topik dari penelitian jurnal tersebut apakah telah relevan dengan tema atau tugas yang Anda miliki

Terutama jurnal internasional, jangan sampai ketika Anda telah melakukan terjemahan jurnal tersebut, ternyata topik jurnal tidak memiliki relevansi atau keseuaian dengan yang Anda butuhkan.

2. Perhatikan Orisinalitas dari Jurnal

Saat Anda akan menetukan jurnal untuk dibuat review, maka selain relevansinya Anda juga perlu memperhatikan orisinilitas dari jurnal melalui ringkasan jurnal tersebut yang meliputi metodologi yang digunakan, serta hasil penelitian yang didapatkan.

3. Perhatikan Bagian Dikusi

Bagian diskusi juga tak kalah penting untuk diperiksa. Anda dapat melompat untuk memeriksanya di bagian tengah jurnal. Perhatikan apakah isinya telah sesuai dengan yang Anda cari atau belum.

4. Perhatikan Bagian Kesimpulan dari Jurnal

Jika jurnal tersebut akan Anda pakai untuk bahan referensi dari skripsi, maka sangat penting untuk memperhatikan bagian kesimpulannya.cermati apakah hasil penelitian dapat mendukung data yang Anda miliki atau malah tidak dapat memenuhi yang Anda cari.

Dalam membuat review jurnal, Anda dituntut untuk dapat menganlaisis, mengevaluasi, dan membuat perbandingan dengan teori yang relevan dengan topik jurnal tersebut. Anda boleh mencantumkan opini  asalnya hal tersebut telah berdasarkan kepada teori yang valid.

Nah itu dia penjelasan seputar review jurnal. Cobalah untuk membuat review jurnal dengan mencantumkan evaluasi yang dibutuhkan oleh pembaca. Anda boleh mematahkan argumen penulis jurnal jika sekiranya menemukan teori valid yang bertolak belakang dengan pernyataaan yang dibuat oleh penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *