Pilihan Cara Mentranslate Jurnal yang Banyak Orang Pakai

Pilihan Cara Mentranslate Jurnal yang Banyak Orang Pakai

Pembelajaran jenjang pendidikan tinggi di Indonesia masih membutuhkan referensi jurnal dari jurnal internasional. Oleh karena itu, mahasiswa cukup sering harus mentranslate jurnal baik karena tugas dari dosen maupun keperluan referensi. Ada beberapa cara mentranslate jurnal yang biasa digunakan oleh mahasiswa.

Beberapa pilihan ini diberikan sebagai rekomendasi karena sebagian orang tidak bisa menggunakan semua cara karena berbagai alasan. Sebagian mungkin sudah pernah melakukan dengan menggunakan Google Translate, tetapi cara itu terlalu ribet dan lama jika jumlah halaman jurnal yang diterjemahkan cukup banyak.

Cara Mentranslate Jurnal Menggunakan Ms Word           

Para pelajar pasti sudah tidak asing lagi dengan software satu ini. Ternyata Ms Word bisa digunakan untuk mentranslate jurnal tanpa memerlukan tambahan tools lainnya. Menggunakan Ms Word termasuk cara yang mudah karena hanya tinggal memanfaatkan menu-menu yang sudah tersedia. Berikut ini cara mentranslate jurnal dengan Ms Word.

  1. Klik kanan file jurnal yang akan ditranslate
  2. Pilih “buka dengan Ms Word” agar tampilannya berubah dari pdf menjadi word
  3. Pilih teks yang ingin ditranslate dengan memakai “select”
  4. Pilih menu Review yang tersedia di navigasi bar Ms Word, lalu klik “Review”
  5. Pilih “Translate”, lalu pilih bahasa apa yang ingin dipakai untuk hasil translate
  6. Klik “Terjemahkan”
  7. Tunggu beberapa saat hingga proses translate jurnal selesai, kemudian hasil translate akan muncul di bagian sebelah kanan layar device Anda.

Salah satu keuntungan menggunakan Ms Word untuk mentranslate jurnal yaitu bisa memilih bagian yang ingin ditranslate jika yang diperlukan tidak semuanya. Selain itu, tersedia banyak bahasa yang bisa dipilih untuk mentranslate jurnal.

Cara Mentranslate Jurnal Menggunakan Google Docs

Cara selanjutnya yang banyak dipakai mahasiswa untuk mentranslate jurnal yaitu Google Docs. Caranya mudah dan prosesnya cukup cepat. Kelebihan lainnya dari Google Docs yaitu template hasil translate sama persis dengan template jurnal aslinya. Berikut ini cara mentranslate jurnal menggunakan Google Docs.

  1. Buka file jurnal yang sudah tersedia di Google Docs
  2. Klik “Alat” di bagian atas, lalu pilih “Terjemahkan dokumen”
  3. Pilih bahasa yang diinginkan
  4. Klik “Terjemahkan”
  5. Hasil translate akan muncul di tab baru setelah proses selesai

Cara ini akan sangat mudah jika sudah memiliki aplikasi Google di laptop atau komputer Anda dan membuat akun. Selain itu, jika ternyata file jurnal belum ada di Google Docs, Anda bisa mengunggahnya terlebih dahulu di Google Drive, setelah itu file akan muncul di Google Docs dan Anda bisa memulai mentranslate jurnal tersebut.

Jika menggunakan cara ini, pastikan ruang penyimpanan laptop masih banyak karena akan berpengaruh terhadap hasil jurnal yang diterjemahkan. Jika ruang penyimpanan tidak cukup, bagian yang diterjemahkan tidak akan seluruhnya. Koneksi internet pun harus bagus agar prosesnya semakin cepat.

Cara Mentranslate Jurnal Menggunakan Situs onlinedoctranslator

Cara mentranslate jurnal selanjutnya dengan menggunakan situs online, yaitu situs onlinedoctranslator. Cara ini sangat mudah karena tidak membutuhkan aplikasi apapun. Berikut ini cara mentranslate jurnal menggunakan situs onlinedoctranslator.

  1. Tulis kata kunci “onlinedoctranslator.com” di search bar Google
  2. Masuk ke situs onlinedoctranslator
  3. Pilih menu “Translator” yang ada di bagian atas
  4. Scroll ke bawah lalu klik kotak yang berupa tulisan “Upload File”
  5. Pilih file jurnal yang ingin ditranslate, lalu tunggu beberapa saat hingga proses upload selesai dan bahasa yang digunakan dalam jurnal tersebut sudah terdeteksi
  6. Pilih bahasa apa yang ingin dipilih untuk menerjemahkan jurnal tersebut
  7. Klik “Translate”
  8. Tunggu beberapa saat hingga proses translate selesai, file akan otomatis terunduh ketika selesai dalam bentuk pdf

Cepat atau lambatnya proses ini tergantung koneksi internet Anda, sehingga siapkan koneksi internet yang bagus untuk mempercepat proses penerjemahan. Selain situs ini, masih banyak situs online translator lain yang bisa dicoba dan melihat mana yang paling bagus.

Mentranslate Jurnal Menggunakan Google Translate

Cara terakhir yang sebenarnya kurang dianjurkan untuk dipakai mentranslate jurnal ilmiah atau karya sastra. Terlalu banyak kekurangan dari tools ini. Namun, mungkin saja Anda tidak bisa menggunakan ketiga cara sebelumnya dan terpaksa harus menggunakan cara ini. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan cara terakhir ini.

Namun, saat menggunakan Google Translate, Anda harus siap dengan beberapa hal berikut ini.

  1. Ribet

Baik mengetik langsung maupun di copy paste, proses mentranslate cukup repot. Anda harus membelah layar hingga tiga bagian untuk bisa mengerjakannya. Anda harus meng-copy bagian yang ingin ditranslate dari file pdf lalu mem-paste-nya ke halaman untuk menyimpan hasil translate.

  1. Proses yang lama

Cara yang repot seperti itu akan memakai waktu yang cukup lama. Jumlah kata yang bisa ditranslate di Google Translate terbatas, sehingga Anda tidak bisa mentranslate sekaligus secara langsung, harus bertahap sedikit-sedikit. Inilah yang membuat waktu pengerjaan menjadi lama.

  1. Hasil translate kurang memuaskan

Hasil translate dari Google Translate seringkali tidak memuaskan, terutama untuk karya ilmiah atau sastra. Hal tersebut karena Google Translate terkadang tidak bisa menentukan konteks yang ada dalam kalimat-kalimat yang diterjemahkan.

  1. Mengubah file pdf ke word

Jika file pdf jurnal yang akan ditranslate tidak bisa di-copy, maka Anda harus mengubahnya terlebih dahulu menjadi bentuk word agar bisa disalin. Meskipun cara ini mudah, jika disatukan dengan proses lainnya akan menambah waktu kerja.

Itulah cara mentranslate jurnal yang bisa dilakukan secara gratis. Jika cara-cara yang mudah tidak bisa dilakukan dan Anda tidak ingin memakai Google Translate, Anda lebih baik menggunakan jasa translate jurnal.

Layanan Jasa konversi Tesis/Disertasi/Hasil Penelitian menjadi Artikel jurnal Klik Disini

Jasa Review Jurnal/Critical Review Klik Disini

Jasa Menurunkan Persentase Turnitin Klik Disini

Layana Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Proofreading Jurnal Klik Disini

Layanan JasaPembuatan Slide Presentasi Klik Disini

Jasa Penulisan Buku Ajar/Umum Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *