Seperti Ini Contoh Mereview Jurnal yang Baik dan Benar

Seperti Ini Contoh Mereview Jurnal yang Baik dan Benar

Mereview merupakan salah satu kegiatan yang cukup mudah untuk memberi penilaian terkait sebuah benda, dimana biasanya dituliskan tanpa ada opini di dalamnya. Meski begitu, masih banyak juga orang yang belum begitu paham terkait cara atau bahkan contoh mereview jurnal yang baik itu seperti apa.

Cara Memilih Jurnal Sebelum Direview

Agar lebih mudah dalam melakukan review Anda juga harus memperhatikan jurnal yang akan Anda pilih. Berikut beberapa tips dan cara dalam memilih jurnal untuk direview.

1. Pilih Jurnal dengan Jumlah Halaman Sedikit

Cara yang pertama Anda bisa memilih jurnal yang hanya memiliki sedikit halaman. Cara ini bisa memudahkan Anda dalam menggunakan kalimat yang padat dan berisi. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menghemat waktu dan lebih maksimal dalam mereview jurnal tersebut.

2. Pilih Jurnal Ringan dengan Nilai Positif yang Banyak

Kedua, pilihlah jurnal yang memiliki banyak nilai positif agar penilai bisa condong menilai yang bagus karena sebagian besar yang didengar adalah kelebihan dari jurnal tersebut, Anda juga diperbolehkan menambahkan sedikit opini pada review tersebut.

3. Pilihlah Jurnal yang Biasa Direview

Tips ketiga pilihlah jurnal yang sudah sering direview. Hal ini bisa sangat memudahkan Anda dalam melakukan review. Selain itu, Anda juga bisa melihat referensi dari review lain yang sudah ada, atau bahkan merewritenya sehingga bisa lebih hemat waktu dan Anda tidak perlu membaca seluruh isi jurnal dalam waktu yang lama.

Jika sudah memahami cara memilih jurnal yang akan direview Anda akan lebih mudah untuk menentukan langkah selanjutnya. Meskipun mereview jurnal masih terbilang mudah, namun Anda tetap harus teliti dalam melakukannya.

Bagaimana Cara Mereview Jurnal yang Benar?

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan dalam mereview jurnal. Di dalam pembahasan ini Anda akan mengetahui 10 cara contoh mereview jurnal yang benar. Yuk simak caranya!

1. Lakukan Review pada Jumlah Halaman

Contoh yang pertama Anda bisa melakukan review pada jumlah halaman dari jurnal tersebut. Dimana Anda bisa menerangkan mengenai jumlah halaman pada jurnal yang akan Anda review. Jelaskan sebanyak mungkin termasuk juga jenis kertas yang digunakan pada jurnal tersebut. Dengan begitu Anda bisa dianggap teliti oleh dosen Anda.

2. Bacalah Hal-hal yang Penting dalam Jurnal

Contoh mereview jurnal selanjutnya Anda bisa mencari bahan yang kira-kira bisa Anda paparkan dengan singkat dan padat. Atau dengan kata lain bacalah hal-hal penting yang ada pada jurnal tersebut agar Anda bisa lebih menghemat waktu dibandingkan dengan membaca seluruh isi jurnal yang tentu membutuhkan waktu yang cukup lama.

Penting juga untuk selalu mencatat setiap poin penting dalam jurnal tersebut agar Anda tidak lupa ketika harus menuliskan review nantinya.

3. Buatlah Pembuka Review

Selanjutnya tuliskan mengenai pembuka yang mana berisi ucapan puji syukur, terima kasih untuk semua pihak yang sudah membantu dan juga beberapa hambatan yang mungkin saja Anda alami namun dapat terlewati dengan bantuan beberapa pihak yang terlibat.

4. Buatlah Daftar Isi

Untuk memudahkan pembaca dalam memahami isi review Anda, Anda juga bisa menambahkan daftar isi di dalam review jurnal tersebut. Ini merupakan contoh mereview jurnal yang cukup membantu para pembaca.

5. Buatlah Judul yang Menarik

Pastikan untuk tidak membuat opini pada isi dan judul jurnal Anda, pasalnya judul merupakan hal yang tidak bisa diubah karena bisa menyesatkan jika judul berbeda dan berubah.

6. Tambahkan Keterangan Jurnal

Cara berikutnya untuk contoh mereview jurnal yang benar adalah dengan membuat keterangan jurnal dengan menuliskan gaya penulisan, nama penulis, email, penerbit, dan juga tahun terbit jurnal. Selain itu, terangkan juga secara rinci agar tidak ada yang singkan untuk setiap penggunaan katanya.

7. Introduction Jurnal juga Penting

Anda bisa memperkenalnya jurnal dengan menuliskan betapa banyaknya ia dibaca dan betapa terkenalnya jurnal tersebut. Perkenalkan juga penulisnya, bisa Anda tambahkan dengan prestasi penulis, tempat pembuatan jurnal, atau beberapa hal lain dengan kalimat yang bagus.

8. Tambahkan Metodelogi dan Sumber Jurnal

Selanjutnya, tulis juga secara rinci mengenai metodelogi yang digunakanpada jurnal tersebut, serta cantumkan juga sumber jurnal tersebut Anda dapat dari mana dan seperti apa cara Anda untuk mendapatkan jurnal tersebut.

9. Tuliskan Isi Secara Padat dan Jelas

Bagian terpenting adalah menuliskan isi dengan singkat, padat, serta jelas sesuai dengan jurnal tersbeut seperti informasi atau tata cara yang Anda dapat dari jurnal yang Anda baca. Itulah mengapa penting untuk membaca poin-poin penting dalam sebuah jurnal. Seperti yang sudah disebutkan dalam poin kedua di atas.

10. Kesimpulan dan Penutup

Yang terakhir, Anda juga tidak boleh melupakan kesimpulan dan penutup. Ambil sebanyak mungkin hal-hal positif terkait jurnal dan minimalisir kekurangan jurnal agar tidak menjatuhkan penulis jurnal. Tidak hanya itu, penting juga untuk membuat penutup yang bagus dengan menggunakan kalimat yang menarik dan menyentuh hati para pendengar atau pembaca.

Seperti itulah contoh mereview jurnal yang baik yang bisa Anda lakukan. Perhatikan setiap struktur dalam mereview jurnal dan bahasa yang digunakan. Pilihlah kalimat dan bahasa yang baik agar tidak menyinggung pihak manapun, baik penulis jurnal maupun para pendengar atau pembaca. Tetaplah teliti dalam mereview, jika perlu baca kembali agar tidak ada kesalahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *