Strategi Tepat agar Jurnal Ilmiah Terindeks SINTA

Strategi Tepat agar Jurnal Ilmiah Terindeks SINTA

Jika ingin lolos sebagai jurnal akademik jempolan, maka Anda perlu memasikan bahwa jurnal ilmiah terindeks SINTA. SINTA atau Science and Technology Index erupakan salah satu portal milik Indonesia yang berfungis sebagai penilai kinerja jurnal. Proses penilaiannya berbasis sitasi dan standar akreditasi. Tidak semua data yang diunggah ke dalam SINTA akan lolos verifikasi. Oleh karenanya, penting bagi penulis jurnal untuk mempersiapkannya.

Fitur dalam SINTA

Secara umum SINTA akan lebih fokus pada pengukuran kinerja IPTEK dari berbagai kalangan seperti dosen, peneliti,penulis, dan mahasiswa.  SINTA juga mengarah pada portal internasional seperti Scopus. Oleh karena itu, jurnal yang sudah terindeks SINTA akan lebih mudah dimodernisasi ulang agar terindeks Scopus secara global.

Fitur-Fitur SINTA

Untuk memudahkan pengelolaan dalam menilai jurnal ilmiah, SINTA memiliki fitur-fitur pendukung, di antaranya sebagai berikut.

  1. Fitur Citation

Bagian Cititation akan menampilkan h-index jurnal dalam kurun waktu per tahun sesuai standar Google Scholar dan Scopus. Hal ini akan memudahkan Anda menuliskan jurnal ilmiah terindeks SINTA untuk memahami rate dalam daftar jurnal yang tersedia secara berkala.

  1. Fitur Networking

Fitur Networking, Anda akan mengetahui jaringan dengan peneliti lain yang pernah bekerja sama dengan Anda. Terlebih bila salah satunya sudah pernah menerbitkan jurnal dalam SINTA. Laporan networking ini akan memudahkan Anda dalam mencari referensi tambahan untuk proses kualifikasi jurnal ilmiah yang sedang dikerjakan.

  1. Fitur Research Output

Fitur satu ini berisi artikel jurnal, buku, dan seluruh tulisan yang telah Anda hasilkan. Rangkuman hasil bisa dilihat pada menu Score. Di sana akan terlihat indeks dalam Scopus, Google Scholar dan InaSTL.

Strategi Tepat agar Jurnal Terindeks SINTA

Ada beberapa cara jitu yang akan memudahkan jurnal Anda bisa terdaftar dan terindeks dalam SINTA. Apa saja yang harus dilakukan?

  1. Mendaftarkan Jurnal Ilmiah Anda ke dalam Portal ARJUNA.

Arjuna merupakan akronim dari Akreditasi Jurnal Nasional. Dengan memasukkan jurnal ke dalam portal Arjuna, Anda sudah selangkah lebih dekat dengan SINTA. Jika belum mendaftarkan diri, Anda bisa mengaksesnya melalui http://arjuna.ristekdikti.go.id/. Setelah terdaftar, Anda hanya perlu bersabar untuk menunggu evaluasi naskah jurnal Anda.

Ada banyak jurnal yang masuk per hari dalam SINTA. Tidak disarankan untuk mengirim helpdesk kepada tim kurator karena akan mengganggu proses evaluasi. Anda bisa membuat jurnal lanjutan sembari menunggu hasil dari SINTA dikeluarkan.

  1. Memahami Dasar Peraturan DirJen DIKTI Nomor 1 Tahun 2014

Salah satu trategi tepat agar jurnal ilmiah terindeks SINTA, Anda harus memahami aturan dasar yang dicanangkan. Biasanya terkait dengan pangkat poin, akreditasi, dan sejenisnya. Berdasarkan peraturan Dirjen DIKTI Nomor 1 tahun 2014 menyatakan bahwa setiap akreditasi untuk jurnal ilmiah harus memiliki nilai evaluasi lebih dari 70 poin. Angka tersebut dapat Anda jadikan patikan dalam pengajuan akreditasi dan sejenisnya.

  1. Memperhatikan Komponen Penilaian Jurnal SINTA

Dengan memperhatikan konten penilaian, tentu akan memudahkan Anda untuk menyisipkan beberapa tautan yang mengarah pada kualitas jurnal Anda. Secara umum, penilaian yang akan menjadi sorotan tim kurator SINTA mencakup dua hal. Pertama, penilaian konten, kedua penilaian manajemen.

Penilaian konten akan mengecek tentang isi dari makalah jurnal ilmiah Anda secara keseluruhan. Termasuk kebermanfaatannya bila diterbitkan resmi di dalam SINTA. Sedangkan untuk penilaian manajemen biasanya berkaitan dengan proses penulisan dan hal teknis lainnya yang berkaitan dengan asal muasal konten tersebut.

  1. Mampu Menganalisis Peluang Pendaftaran dalam SINTA

Selain memperhatikan teknis, cara agar jurnal ilmiah terindeks SINTA juga bisa dilakukan dengan rajin melakukan pengecekan jadwal pembukaannya. Biasanya, hanya akan dilakukan dua kali dalam satu tahun. Hal ini dikarenakan proses evaluasinya membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Proses akreditasi dan evaluasi jurnal akan ditangani langsung oleh tim kurator dari Direktur Pengelolaan Kekayaan Intelektual. Bila Anda terlambat mendaftar pada periode pembukaan, maka jurnal akan di-review pada periode berikutnya. Pemeriksaan akan diprioritaskan pada pemakalah jurnal yang telah mendaftar sesuai dengan jadwal yang ditetapkan.

  1. Memperhatikan Sistem Penilaian yang Dijadikan Stadar SINTA

Bagaimana sistem penilaian agar jurnal ilmiah terindeks SINTA? Secara umum, angka yang harus Anda capai untuk lolos seleksi berada pada poin 70. Jika skor jurnal Anda di bawah standar maka jurnal akan diseleksi ulang dan diberitahukan titik berat yang menjadi kelemahan jurnal Anda.

Apabila jurnal Anda sudah berada pada SINTA 3 hingga SINTA 6, artinya Anda juga lolos pada tingkat SINTA 1 dan SINTA 2.Selanjutnya, proses skor pada jurnal Anda akan diberikan peringkat secara global. Penilaiannya akan diakumulasi dari seluruh data jurnal dunia berdasarkan sitasi dari Google Scholar.

Dengan menjadikan jurnal ilmiah terindeks SINTA, Anda sudah memastikan diri sebagai salah satu kontributor database jurnal yang kredibel. Karya ilmiah Anda harus dapat dipertanggungjawabkan, serta bebas dari plagiasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *