Sumber Literatur Jurnal Ilmiah yang Paling Sering Digunakan

Sumber literatur jurnal ilmiah sangat penting dalam penulisan jurnal. Hal ini karena dalam menulis jurnal tentu diperlukan referensi untuk menguatkan jurnal yang dibuat. Selain itu, memilih literatur tepat juga bertujuan agar penelitian jurnal yang dibuat bernilai ilmiah.

Bahkan dengan adanya rujukan literatur yang jelas, maka bisa membantu pembaca lebih memahami isi jurnal yang dibuat. Terdapat berbagai sumber yang bisa dijadikan sebagai rujukan jurnal, 5 diantaranya sebagai berikut.

Buku

Sumber literatur jurnal ilmiah yang pertama yaitu buku. Buku merupakan salah satu sumber literatur yang berisi pembahasan ilmiah bidang keilmuan tertentu. Buku menjadi sumber yang sering digunakan untuk membuat jurnal ilmiah. Hal ini karena dalam buku terdapat berbagai konsep dasar bidang keilmuan tertentu.

Namun jika anda ingin menjadikan buku sebagai sumber literatur, sebaiknya perhatikan tahun terbit buku tersebut. Hal ini bertujuan agar teori yang ada di dalam buku telah disesuaikan dengan teori terbaru. Selain itu, pastikan juga untuk memilih buku yang membahas terkait topik atau tema jurnal ilmiah yang anda kerjakan.

Jurnal Ilmiah

Jurnal ilmiah merupakan salah satu sumber literatur yang banyak digunakan dalam menulis artikel atau jurnal. Anda bisa memanfaatkan sumber literatur ini untuk menyelesaikan jurnal yang sedang dikerjakan.

Dengan menggunakan jurnal ilmiah, maka anda akan menemukan berbagai metode yang digunakan oleh orang lain dalam melakukan penelitian. Jika ingin menggunakan jurnal sebagai sumber literatur, usahakan memilih jurnal terbaru yang diterbitkan dalam dua sampai empat tahun terakhir.

Prosiding Seminar

Sumber literatur jurnal ilmiah selanjutnya yaitu prosiding seminar atau seminar. Prosiding seminar merupakan hasil dari konferensi ilmiah. Dalam prosiding seminar, makalah seminar dikumpulkan kemudian diterbitkan. Sebelum diterbitkan prosiding seminar juga harus melalui proses editing dan harus memiliki ISBN atau ISSN.

Dengan menjadikan prosiding seminar sebagai sumber literatur, maka anda bisa mendapatkan berbagai metode penelitian. Jika memilih prosiding seminar sebagai sumber literatur, pastikan memilih sesuai tema penelitian yang anda kerjakan. Dengan begitu maka akan menghasilkan jurnal berkualitas dan akan mendapatkan nilai lebih dari reviewer jurnal.

Tesis dan Disertasi

Tesis dan disertasi merupakan sumber literatur jurnal ilmiah yang banyak digunakan. Tesis biasa dikenal sebagai karya tulis ilmiah yang dibuat sebagai syarat menyelesaikan Program Studi Magister.

Sedangkan disertasi merupakan karya tulis ilmiah yang menjadi syarat agar bisa lulus Program Studi Doktor. Meski tesis dan disertasi belum terpublikasi secara internasional, namun anda bisa menggunakannya sebagai sumber literatur. Pastikan memilih tesis dan disertasi yang sesuai dengan topik penelitian anda.

Internet

Internet menjadi sumber literatur yang banyak digunakan dalam mengerjakan jurnal ilmiah. Melalui internet, anda akan mudah menemukan berbagai sumber literatur jurnal ilmiah. Namun jika ingin mengambil internet sebagai sumber literatur, terdapat berbagai hal yang harus diperhatikan.

Pertama yaitu memilih artikel atau berita yang diunggah oleh media massa terpercaya. Kedua, anda harus memilih blog dari para ahli yang telah diakui ahli dalam bidang tersebut. Ketiga, memilih situs resmi dari organisasi nasional dan internasinal. Terakhir, yaitu harus mengambil data dari situs resmi pemerintahan atau kementerian.

Tips Menulis Jurnal Ilmiah Berkualitas

Setelah mengetahui sumber literatur untuk penulisan jurnal, selanjutnya tips menulis jurnal ilmiah berkualitas. Terdapat berbagai tips menulis jurnal yang bisa anda terapkan, 4 diantaranya sebagai berikut.

Perhatikan Penulisan Judul

Tips yang pertama yaitu memerhatikan penulisan judul jurnal. Penulisan judul yang benar harus mampu menyampaikan masalah dan metode yang digunakan. Selain itu, dalam menulis judul hindari tulisan yang bermakna ganda.

Penulisan judul bermakna ganda hanya akan membuat judul terlihat kurang efisien dan tidak nyaman saat dibaca. Saat menulis judul, usahakan untuk menulis judul yang bisa menarik minat pembaca.

Perhatikan Penulisan Abstrak

Abstrak menjadi bagian terpenting dalam jurnal ilmiah. Hal ini karena abstrak berfungsi mewakili seluruh isi jurnal. Sehingga usahakan menulis abstrak yang bisa menjelaskan kepada pembaca mengenai gambaran dari jurnal tersebut.

Saat menulis abstrak, terdapat tips harus diterapkan, antara lain menyelesaikan jurnal ilmiah secara keseluruhan, menjelaskan tujuan serta metode penelitian, dan lain sebagainya. Selain itu, pastikan untuk memasukkan kata kunci dalam abstrak jurnal ilmiah. Penggunaan kata kunci sangat penting untuk menjelaskan subjek dan objek dari jurnal tersebut.

Perhatikan Penulisan Pendahuluan

Tips selanjutnya yaitu memperhatikan penulisan pendahuluan. Pendahuluan berisi tentang alasan jurnal tersebut dibuat. Dalam menulis pendahuluan, anda juga harus menjelaskan tentang teori dan konsep ilmiah dari para ahli yang relevan dengan pembahasan jurnal. Selain itu, dalam pendahuluan juga diajukan hipotesis dan permasalahan yang menjadi pembahasan utama dalam jurnal ilmiah.

Tulis Metode Penelitian Secara Rinci

Tips selanjutnya yaitu menulis metode penelitian secara rinci. Metode penelitian menjadi bagian penting dalam jurnal ilmiah. Oleh karena itu pastikan menulis metode penelitian dengan langkah dan tahapan yang tepat.

Saat menulis metode penelitian, pastikan anda menjelaskannya secara rinci agar pembaca mengetahui proses dalam pembuatan jurnal. Selain bisa memudahkan pembaca, menjelaskan secara rinci juga membuat jurnal lebih kuat secara akademis. Bahkan menjelaskan secara rinci juga membuat jurnal terhindar dari tuduhan plagiarisme.

Terdapat berbagai sumber literatur jurnal ilmiah yang bisa anda gunakan dalam penelitian, mulai dari buku hingga internet. Sumber literatur di atas merupakan sumber yang sering digunakan saat mengerjakan jurnal ilmiah. Selain memperhatikan sumber literatur, pastikan juga untuk memahami tips menulis jurnal secara tepat, sehingga menghasilkan jurnal berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan komunikasikan kebutuhan anda dengan team jurnal kami!

Kak, Ada Yang Bisa Kami Bantu?