Tidak Bisa Bahasa Asing? Ini 5 Cara Menerjemahkan Jurnal Secara Online

Tidak Bisa Bahasa Asing? Ini 5 Cara Menerjemahkan Jurnal Secara Online

Cara menerjemahkan jurnal di era sekarang sudah cukup banyak. Hal ini didukung oleh pertumbuhan teknologi sehingga segala sesuatunya lebih praktis. Jurnal merupakan kumpulan artikel dengan tema tertentu di mana tujuannya untuk ilmu pengetahuan. Dengan kata lain, jurnal adalah salah satu bentuk dari karya tulis ilmiah.

Bagi kalangan mahasiswa, pastinya sudah tidak asing lagi dengan jurnal. Bahkan, beberapa di antaranya mungkin sudah muak menghadapinya karena tugas dari dosen, yakni berupa review jurnal. Jika itu jurnal lokal tentunya tidak menjadi masalah. Akan tetapi, jika jurnal yang harus dipilih adalah jurnal internasional, tentunya akan mengundang masalah, bukan?

Cara Menerjemahkan Jurnal Dalam Hitungan Detik

Jurnal internasional merupakan jurnal yang menggunakan beragam bahasa. Jadi, tidak hanya bahasa Inggris saja, tapi Anda bisa menggunakan bahasa Korea, Jepang, dan sebagainya untuk memilih sumber jurnal. Akan tetapi, banyak orang yang masih belum menguasai banyak bahasa asing. Lalu, bagaimana solusinya?

Menggunakan Doctranslator

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menerjemahkan jurnal dengan mudah dan cepat adalah Doctranslator. Situs ini memungkinkan pengguna untuk mengaksesnya secara gratis. Namun, untuk bisa melakukan terjemahan dokumen, Anda harus membuat akun terlebih dahulu. Jika sudah membuat akun, Anda bisa mengunjungi situs resmi Doctranslator.

Setelah itu, cobalah untuk memilih menu Translate PDF. Lalu, pilih file yang ingin diterjemahkan dan jangan lupa untuk mengatur bahasanya. Kemudian, tekan menu Upload dan tunggu selama beberapa menit untuk prosesnya. Jika sudah, tekan menu Download dan terjemahan bisa langsung dibaca.

Menggunakan Google Translate

Pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan Google Translate, bukan? Cara menerjemahkan jurnal ini biasanya digunakan untuk menerjemahkan kata demi kata. Namun, nyatanya situs ini bisa digunakan untuk menerjemahkan dalam bentuk dokumen atau file.

Tidak heran jika banyak yang mulai menggunakan situs tersebut karena gratis dan mudah. Cara menggunakan situs ini adalah dengan mengunjunginya terlebih dahulu. Setelah muncul, rekan link atau menu Terjemahkan Dokumen.

Menu ini bisa Anda temukan di bagian bawah kolom. Setelah itu, cobalah untuk memasukkan file atau dokumen yang akan diterjemahkan. Caranya dengan menekan menu Choose File.

Biasanya, file atau dokumen akan muncul setelah proses upload selesai. Setelah itu, Anda bisa menekan menu Terjemahkan. Tunggu beberapa saat dan file atau dokumen sudah berhasil diterjemahkan ke dalam bahasa yang diinginkan. Sangat mudah, bukan?

Menggunakan Google Drive

Cara menerjemahkan jurnal bisa dilakukan dengan menggunakan Google Drive, lho. Google Drive biasanya menjadi tempat penyimpanan dokumen penting agar bisa diakses kapan saja. Namun, siapa sangka jika aplikasi tersebut ternyata bisa membantu menerjemahkan dokumen.

Seperti yang diketahui, akun Google Drive biasanya terhubung dengan akun Google. Jadi, jika Anda belum menyambungkan atau mempunyai akun, bisa membuatnya terlebih dahulu agar bisa langsung masuk.

Jika sudah, maka langkah selanjutnya adalah dengan menekan menu My Drive. Di sana terdapat menu Upload Files dan pilih file yang diinginkan. Tunggu beberapa detik untuk memuat file tersebut ke aplikasi Google Drive. Setelah itu, buka file itu dengan cara klik kanan dan pilih Google Dokumen.

Saat file sudah berhasil dibuka menggunakan Google Dokumen, Anda bisa memilih menu Alat. Nantinya terdapat menu Terjemahkan Dokumen. Jangan lupa untuk memasukkan judul dokumen lalu klik bahasa yang diinginkan. Setelah itu, tekan menu Terjemahkan dan tunggu selama beberapa menit sampai dokumen berhasil diterjemahkan.

Menggunakan Aplikasi Microsoft Word

Aplikasi Microsoft Word bisa menjadi cara menerjemahkan jurnal dengan cepat dan mudah. Aplikasi yang biasanya digunakan untuk membuat tulisan atau catatan, kini bisa digunakan untuk menerjemahkan bahasa. Apakah Anda sudah tahu?

Aplikasi ini mempunyai fungsi untuk bisa membaca file dalam berbagai format sehingga file berbentuk PDF bisa diubah menjadi Microsoft Word. Setelah itu, pengguna bisa langsung menerjemahkan file dengan cara memilih tab review. Nantinya terdapat menu translate yang bisa dipilih.

Anda bisa menekan menu translate dokumen dan di bagian kolom translation language option, pengguna bisa mengatur bahasa yang ingin digunakan dan bahasa hasil terjemahan. Setelah itu, tekan menu Ok dan nantinya hasil terjemahan akan muncul.

Menggunakan Jasa Translate

Jika Anda bingung menggunakan aplikasi atau situs untuk menerjemahkan jurnal, ada lagi cara menerjemahkan jurnal lainnya yang bisa dicoba. Saat ini sudah banyak perusahaan atau jasa freelancer yang menyediakan jasa penerjemah dokumen. Tidak ada salahnya untuk menggunakan jasa tersebut agar hasilnya lebih memuaskan.

Selain itu, cara ini lebih cocok untuk Anda yang mungkin tidak mempunyai waktu untuk menerjemahkan jurnal yang halamannya terbilang banyak. Dengan menggunakan jasa translate jurnal, tentunya bisa menghemat lebih banyak waktu juga. Terlebih jasa tersebut biasanya menampilkan hasil terjemahan yang mudah dipahami.

Namun, Anda harus memilih jasa penerjemah yang andal dan terpercaya. Karena tidak sedikit jasa yang menerjemahkan bahasa dengan kualitas bahasa sulit dipahami. Hal ini bisa saja terjadi mengingat bahasa yang digunakan dalam jurnal biasanya bahasa baku. Selain itu, pilih juga jasa yang menyediakan harga terjangkau dan termurah.

Karena ada beberapa penerjemah yang meminta jasa terjemahan terbilang tinggi. Tentunya hal ini akan terasa berat, terlebih jika Anda adalah mahasiswa yang tidak mempunyai banyak uang. Oleh karena itu, bijaklah untuk menggunakan jasa translate jurnal, ya.

Lima cara menerjemahkan jurnal di atas bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan keinginan. Sekarang tidak perlu lagi khawatir saat harus mencari sumber referensi jurnal dari internasional. Jadi, cara mana yang terasa lebih mudah untuk digunakan?

Layanan Jasa konversi Tesis/Disertasi/Hasil Penelitian menjadi Artikel jurnal Klik Disini

Jasa Review Jurnal/Critical Review Klik Disini

Jasa Menurunkan Persentase Turnitin Klik Disini

Layana Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Proofreading Jurnal Klik Disini

Layanan JasaPembuatan Slide Presentasi Klik Disini

Jasa Penulisan Buku Ajar/Umum Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *