Tips atau Cara Menjadi Dosen yang Produktif Penelitian dan Publikasi

Tips atau Cara Menjadi Dosen yang Produktif Penelitian dan Publikasi

Tri dharma perguruan tinggi merupakan suatu kewajiban Perguruan Tinggi untuk menyelenggarakan proses Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Seluruh civitas akademika wajib dan bertanggung jawab dalam mengadakan dan mewujudkan tri dharma tersebut.

Pendidikan, sebagai kewajiban pertama yang harus dilaksanakan oleh seluruh civitas akademika, merupakan suatu proses pembelajaran peserta didik untuk mengembangkan potensi diri, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak yang baik, serta keterampilan manusia yang diperlukan oleh dirinya, dan yang dapat Ia berikan kepada masyarakat sekitar, bangsa, dan negara.

Penelitian merupakan sebuah kegiatan menggunakan metode ilmiah yang dilakukan secara sistematis untuk memperoleh informasi, data, teori dan keterangan yang berkaitan dengan pemahaman maupun pengujian suatu bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pengabdian kepada masyarakat adalah kegiatan civitas akademika yang memanfaatkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Apa pentingnya melakukan penelitian dan publikasi?

Melakukan penelitian merupakan suatu hal yang penting untuk dilakukan dan dilaksanakan oleh civitas akademika yakni dosen dan mahasiswa. Hal ini karena penelitian dilakukan dengan tujuan untuk menginformasikan suatu tindakan pengembangan keilmuan, membuktikan suatu teori dan berkontribusi dalam mengembangkan bidang studi.

Selain itu, alasan pentingnya penelitian adalah sebagai alat untuk membangun sebuah pengetahuan serta memfasilitasi proses pembelajaran. Di tingkat perguruan tinggi, penelitian wajib dilakukan karena sifat suatu keilmuan yang dinamis, dan ilmu pengetahuan yang berubah-ubah seiring dengan semakin banyaknya temuan-temuan baru.

Setelah melakukan penelitian, hal penting yang selanjutnya dilakukan adalah melakukan publikasi, publikasi penting untuk dilakukan agar karya atau hasil temuan kita dapat dikenal dan bermanfaat bagi banyak orang serta diharapkan dapat menciptakan jaringan networking yang cukup luas.

Tips Agar Dosen Produktif Melakukan Penelitian dan Publikasi

Melakukan penelitian bagi seorang dosen bukan hanya sebatas tentang memenuhi kewajiban, namun ini tentang bagaimana Ia memberikan sumbangsih dalam penyelesaian masalah yang timbul di tengah masyarakat.

Tidak selamanya melakukan penelitian itu menyenangkan, untuk itu diperlukan kiat-kiat agar seorang dosen tetap produktif melakukan penelitian dan publikasi, berikut tipsnya:

  1. Membuat Road Map

Membuat road map atau peta jalan penelitian menjadi langkah pertama yang dilakukan sebelum melakukan penelitian. Dalam peta jalan ini memuat gambaran, arah serta target penelitian yang ingin dicapai sepanjang karir profesional. Dengan peta jalan, proses penelitian dapat diawasi dan dikontrol dengan baik.

  1. Mendalami Bidang Kepakaran

Setiap dosen tentunya memiliki keahlian dalam bidang keilmuan nya masing-masing, untuk itu dalam melakukan penelitian, mendalami bidang keahlian atau kepakaran dilakukan agar senantiasa dapat memahami permasalahan yang sedang terjadi terkait dengan keilmuan nya secara mendalam. Hal tersebut juga tentunya dapat memacu semangat seorang dosen untuk memperbarui kepakaran nya baik dalam bentuk teori, isu maupun metodologi.

  1. Up to date akan Informasi Pembukaan Riset Ilmiah

Menggiatkan diri untuk mencari informasi seputar pembukaan riset ilmiah, baik institusi dalam maupun luar negeri. Selain itu, dari segi publikasi dapat dilakukan dengan giat mencari jurnal-jurnal yang membuka peluang call for paper. Dengan mengetahui informasi dan keuntungan tersebut, tentunya dapat memacu semangat agar produktif melakukan penelitian dan publikasi.

  1. Memiliki Draft Riset

Penelitian dan publikasi tentunya dilakukan tidak semata-mata tanpa alasan, terdapat banyak keuntungan yang diperoleh jika rajin melakukan penelitian dan publikasi. Untuk itu, jika Anda adalah seorang dosen, pastikan Anda memiliki draft riset khusus yang digunakan untuk mengumpulkan hasil penelitian Anda tiap semester nya sehingga jika terdapat peluang untuk mempublikasikan nya Anda bisa langsung mengambilnya.

  1. Produktif dan Berkomitmen

Menjadi seorang dosen muda tentunya harus memiliki semangat yang lebih, terlebih di era millennial seorang dosen dituntut untuk tetap aktif mengikuti perkembangan dan trend, produktif dalam menggali dan mengkaji isu yang sedang berkembang, informatif dan memiliki wawasan yang luas.

Sebagai dosen harus bisa berkomitmen melakukan suatu hal secara berkelanjutan, dengan memiliki motivasi untuk mencapai target dan beretika untuk tetap kompetitif.

  1. Memperluas Kolega

Mempunyai kolega yang memiliki minat yang sama dalam penelitian dan publikasi dapat membantu agar tetap semangat dan ingin tetap produktif, hal tersebut dapat dilakukan dengan cara berhimpun dengan dosen-dosen di bidang kepakaran yang sama, bergabung dalam komunitas-komunitas yang relevan dengan bidang keahlian, turut serta aktif dalam kegiatan di lingkungan masyarakat sehingga dapat dengan mudah mengenali dan mengetahui permasalahan yang terjadi.

  1. Menjadikan Penelitian dan Publikasi sebagai Kewajiban

Penelitian dan publikasi sebagai salah satu bagian dari tri dharma Perguruan Tinggi merupakan sebuah kewajiban yang harus dilaksanakan oleh seorang yang berkomitmen berprofesi sebagai dosen. Melakukan penelitian dan publikasi juga sebagai bentuk pembuktian keahlian atau kepakaran seorang dosen, kemampuan secara emosional, dan kemampuan penguasaan teknologi.

Mengingat penelitian dan publikasi sebagai sebuah tanggung jawab dapat memacu seorang dosen untuk tetap semangat dan ingin selalu produktif melakukan penelitian dan publikasi yang lebih baik secara berkelanjutan.

  1. Bekerjasama dengan Penerbit Terpercaya

bekerjasama dengan penerbit terpercaya tentunya memberikan jaminan bahwa hasil publikasi yang diterbitkan akan dikenal dan dapat menjangkau lebih banyak orang, hal tersebut tentunya memberikan rasa percaya diri dan semangat untuk tetap produktif penelitian dan publikasi.

Melakukan penelitian dan publikasi memang bukanlah suatu proses yang mudah untuk dilakukan, namun semuanya akan terasa ringan dan menarik jika terbiasa dilakukan. Disamping banyaknya keuntungan yang diperoleh dan manfaat yang diberikan jika rajin melakukan penelitian dan publikasi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan komunikasikan kebutuhan anda dengan team jurnal kami!

Klik, Untuk Bisa Kami Bantu Sekarang