Tips Dan Cara Bagi Kalangan Mahasiswa Untuk Magang Dari Rumah Selama Musim Pandemi.

Tips Dan Cara Bagi Kalangan Mahasiswa Untuk Magang Dari Rumah Selama Musim Pandemi.

Magang merupakan suatu kegiatan latihan di dunia kerja secara langsung sebagai proses untuk menerapkan ilmu atau kompetensi yang diperoleh selama masa pendidikan. Dengan kegiatan magang ini, mahasiswa memiliki gambaran seperti apa sistem kerja secara profesional di industri kerja yang sebenarnya.

Kegiatan magang perlu dilakukan bahkan diwajibkan kepada mahasiswa. Bahkan biasanya, kegiatan magang menjadi salah satu mata kuliah wajib dan syarat untuk memperoleh kelulusan. Mahasiswa yang telah mengikuti magang dianggap telah kompeten dan memiliki pengalaman untuk menghadapi kehidupan setelah masa pendidikan selesai.

Namun, terjadinya pandemi akibat penyebaran virus covid-19 menyebabkan banyak dampak dan perubahan pada dunia usaha maupun bisnis. Banyak perusahaan yang merubah sistem kerja mereka. Jika sebelumnya kegiatan bekerja dilakukan di kantor, sejak pandemi terjadi kegiatan bekerja dilakukan dari rumah atau work from home.

Meskipun di tengah kondisi musim pandemi, tak sedikit perusahaan yang membuka lowongan atau kesempatan magang bagi mahasiswa dengan sistem magang dari rumah. Magang dari rumah dengan sistem online, tentunya banyak hal yang perlu dipersiapkan. Mahasiswa memerlukan waktu untuk beradaptasi terlebih besar kemungkinan rasa malas menghampiri saat bekerja dari rumah.

Untuk itu bagaimana cara agar mahasiswa tetap produktif dan semangat menjalani kegiatan magang dari rumah? Berikut tips nya.

Tips Agar Mahasiswa Semangat Menjalani Magang Dari Rumah

Melihat dan memahami situasi yang sedang terjadi selama masa pandemi, untuk itu Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi membagikan sejumlah tips kepada mahasiswa yang menjalani program magang dari rumah.

  1. Membuat To Do List atau Rencana Kerja

Meskipun mahasiswa masih berstatus pemagang, pekerjaan dan tanggung jawab yang dimiliki tidak jauh berbeda dengan karyawan pada umumnya. Hanya saja hal yang membedakan mungkin dari segi jumlah dan intensitas pekerjaan yang diberikan oleh atasan atau perusahaan.

Magang dari rumah mungkin memang berisiko mahasiswa menjadi malas atau kurang produktif dikarenakan suasana yang lebih santai dan tidak ada yang mengawasi secara langsung. Dengan membuat to do list atau rencana kerja bisa mencegah dan mengatasi rasa malas atau kurang produktif tersebut.

Membuat to do list atau rencana kerja berguna untuk membantu menentukan pekerjaan mana saja yang perlu didahulukan atau diprioritaskan. Biasakan menggunakan strategi menyelesaikan pekerjaan dari yang paling sulit, kemudian sulit dan selanjutnya mudah, karena fokus dan konsentrasi terbaik adalah pada saat di awal memulai pekerjaan.

  1. Menunjukkan Inisiatif dan Antusiasme

Bekerja dari rumah bukan menjadi alasan atau penghalang untuk menunjukkan antusiasme dan inisiatif. Suasana bekerja dari rumah akan tetap terasa produktif seperti di kantor jika mahasiswa pemagang selalu berusaha memberi inisiatif dan menunjukkan antusiasme terlebih dahulu.

Tidak perlu ragu untuk menawarkan bantuan kepada karyawan di perusahaan. Atau jika kamu merasa bingung harus mengerjakan apa, jangan takut untuk meminta pekerjaan. Cara ini akan membantumu menambah pengalaman dan keahlian di dunia kerja, karena banyak hal dan jenis pekerjaan yang bisa dikerjakan selama proses kegiatan magang.

  1. Beraktifitas Layaknya Magang Biasa

Tipas selanjutnya adalah beraktifitas layaknya magang atau bekerja dari kantor. Melakukan magang dari rumah selama musim pandemi membuat suasana dan waktu kerja menjadi lebih fleksibel dan cenderung santai. Meski begitu, usahakan untuk mengurangi waktu bersantai dan lakukan hal lain yang menyangkut pekerjaan untuk menjaga keproduktivitasan.

Memaksimalkan produktivitas selama melaksanakan kegiatan magang di rumah dimulai dengan belajar mengatur dan memanajemen waktu. Buat rencana atau strategi untuk menyeimbangkan antara pekerjaan dan waktu istirahat. Dengan menyeimbangkan keduanya dapat membantu menjaga kesehatan fisik dan mental selama kegiatan magang. Tak lupa, disarankan untuk tetap bangun pagi layanya bekerja dari kantor untuk menjaga produktivitas.

  1. Menciptakan Suasana Kerja

Suasana di rumah dan di kantor jelas berbeda, banyaknya orang dengan kesibukan menyelesaikan pekerjaan dapat memberikan ransangan atau dorongan untuk produktif. Dengan menciptakan suasana kerja di rumah semirip mungkin dengan suasana kerja di kantor, dapat memicu semangat mahasiswa magang untuk produktif meskipun bekerja dari rumah.

Pengaturan tempat kerja juga perlu diperhatikan. Penempatan seluruh peralatan yang diperlukan untuk bekerja pada satu meja kerja menciptakan suasana layaknya di kantor. Dengan suasana tersebut akan menumbuhkan kenyamanan selama bekerja dari rumah.

Menambahkan beberapa dekorasi atau tanaman hias di atas meja juga dapat membantu mahasiswa mendapatkan kenyamanan dan membantu menjaga kesehatan mental dan mempertahankan mood baik mahasiswa saat menghadapi dan menerima berbagai tekanan selama kegiatan magang dari rumah tengah berlangsung.

  1. Selalu Menulis Laporan Harian

Sebelum pulang biasanya pekerja akan melakukan evaluasi dan memberikan laporan terkait pekerjaan yang telah diselesaikan pada hari ini. Mahasiswa yang magang biasanya diwajibkan untuk membuat log book sebagai bahan laporan kegiatan kepada dosen pengampu.

Mendekati jam pulang kantor, atau buatlah jam kantor seolah-olah jam normal seperti biasanya. Kemudian di menit – menit terakhir sebelum jam pulang, mulailah untuk menyusun laporan harian.

Penyusunan laporan kerja secara harian dan rutin dapat membantu mahasiswa magang melakukan evaluasi terhadap pekerjaan yang sudah diselesaikan selama satu hari. Selain itu, laporan harian juga bisa menjadi acuan untuk memulai pekerjaan pada keesokan harinya.

Itulah beberapa tips yang diberikan oleh Ditjen Dikti untuk mahasiswa yang sedang melakukan magang dari rumah agar tetap produktif dan semangat. Mengingat bahwa setiap pekerjaan adalah tanggung jawab merupakan kunci utama bekerja secara profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *