Tips dan Trik Menulis Jurnal Internasional yang Harus Diketahui

Tidak semua orang mengetahui cara menulis jurnal internasional secara tepat. Hal ini karena jurnal internasional ditulis dengan bahasa baku dan memiliki ketentuan dalam penulisannya. Penulisan jurnal internasional biasanya ditulis secara urut mulai dari judul hingga referensi yang digunakan.

Bahkan jurnal internasional juga ditulis dengan berbagai bahasa seperti bahasa Inggris, Mandarin, Arab, dan Rusia. Sesuai dengan namanya, jurnal internasional berarti ditulis oleh orang dari berbagai negara. Oleh sebab itu, agar bisa menulis jurnal yang baik harus memahami tips dan trik penulisannya. Berikut ini tips dan trik menulis jurnal yang harus Anda ketahui.

Perbanyak Latihan Menulis

Tips dan trik pertama yang harus diketahui dalam menulis jurnal internasional yaitu perbanyak latihan menulis. Dengan memiliki pengalaman dalam menulis, tentu memperbesar peluang untuk bisa tembus di situs jurnal internasional seperti Scopus. Selain itu, Anda juga bisa berlatih agar semua tulisan yang dibuat dapat menarik pembaca.

Anda juga bisa berlatih dengan membaca berbagai referensi jurnal yang diterbitkan oleh Scopus. Dengan begitu tentu akan lebih memahami tentang penulisan jurnal internasional secara tepat. Selain itu, dengan memperbanyak latihan menulis Anda bisa memilih susunan kata yang pas dan tidak bertele-tele. Sehingga pembaca nyaman dengan tulisan yang Anda buat.

Tentukan Pembaca

Selain belajar menulis jurnal, Anda juga harus menentukan pembaca jurnal yang akan ditulis. Dengan menentukan pembaca, tentu lebih memudahkan Anda saat menulis jurnal. Selain itu, dengan menentukan pembaca juga memudahkan Anda mengirim jurnal ke tempat yang tepat. Anda juga bisa menuliskan berbagai kata yang membuat pembaca tertarik untuk terus membaca jurnal.

Tentukan Tema Penelitian

Tips dan trik dalam menulis jurnal internasional selanjutnya yaitu menentukan tema penelitian. Sebaiknya Anda menggunakan tema yang diminati oleh banyak pembaca jurnal. Anda juga bisa mencari tema yang sedang booming dan banyak dibicarakan. Dengan begitu maka ada kemungkinan jurnal yang dibuat akan dipublikasikan oleh jurnal internasional.

Buatlah Tulisan yang Membuat Pembaca Tertarik

Tips dan trik selanjutnya yaitu membuat tulisan jurnal yang bisa membuat pembaca tertarik dengan jurnal Anda. Cara ini tentu tidak mudah dilakukan, karena Anda harus menemukan tulisan yang bisa membuat pembaca tertarik. Dalam hal ini Anda harus sering membaca berbagai jurnal yang terlihat menarik.

Selain itu, jangan lupa untuk tetap berlatih menulis dengan menggunakan bahasa yang tidak berbelit dan mudah dipahami. Anda juga harus mengambil tema jurnal sesuai isu yang sedang banyak dibicarakan saat ini.

Koreksi Tulisan

Tips dan trik menulis jurnal internasional selanjutnya yaitu mengoreksi tulisan yang akan dikirim. Koreksi tulisan sangat penting dilakukan agar tidak ada kesalahan kata, ejaan, maupun kesalahan dalam kalimat.

Selain itu, semakin sering Anda mengoreksi jurnal yang telah ditulis, maka semakin baik hasil jurnal. Dalam pengoreksiannya, Anda bisa meminta mengoreksinya sendiri atau meminta bantuan teman untuk mengoreksi.

Hindari Plagiarisme

Plagiarisme menjadi hal yang harus dihindari oleh semua penulis. Meskipun mampu menghasilkan jurnal yang sangat bagus, namun Anda tidak akan mendapat apresiasi apa pun dari pembaca. Bahkan tindakan plagiarisme hanya akan mempermalukan diri sendiri.

Selain itu, melakukan plagiarisme juga membuat jurnal yang Anda buat terlihat buruk bagi pembaca. Bahkan jurnal yang mengandung plagiarisme juga akan ditolak oleh situs jurnal internasional.

Oleh sebab itu, usahakan untuk tidak melakukan plagiarisme agar jurnal yang dibuat bisa tembus di situs jurnal internasional. Meskipun Anda menggunakan referensi untuk menulis, sebaiknya cantumkan sumber referensi dalam penulisan jurnal.

Perhatikan Standar Penulisan

Selain memahami tips di atas, hal yang tak kalah penting dalam menulis jurnal internasional yaitu memperhatikan standar penulisan. Hal ini bertujuan agar jurnal yang Anda buat bisa terindeks dalam situs jurnal internasional.

Selain itu, jika standar penulisan tidak sesuai, maka ada kemungkinan jurnal yang Anda buat tidak akan bisa dipublikasi. Oleh sebab itu, saat akan menulis jurnal jangan lupa menulis sesuai standar yang telah ditentukan.

Perhatikan Penulisan Daftar Pustaka

Setiap jurnal yang ditulis tentu tidak lepas dari berbagai sumber referensi sebagai penguat data maupun bahasan dalam jurnal. Sumber referensi biasanya ditulis di bagian akhir menggunakan judul daftar pustaka.

Format dalam penulisan daftar pustaka tentu berbeda dengan format penulisan bahasan dalam jurnal. Oleh sebab itu, pastikan Anda menulis daftar pustaka dengan format yang sesuai. Agar terhindar dari kesalahan menulis format, Anda bisa menggunakan software khusus untuk menuliskan daftar pustaka.

Bagi sebagian orang, menulis jurnal internasional tentu bukanlah hal mudah. Dalam penulisannya, Anda harus memahami tentang format, standar penulisan, maupun penggunaan bahasa tepat. Selain itu, bagi orang yang baru memulai menulis tentu memerlukan tips agar bisa menulis secara tepat. Oleh sebab itu, tips dan trik penulisan jurnal internasional di atas bisa dijadikan sebagai referensi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *