Tips Membuat Judul Karya Ilmiah yang Menarik

Karya ilmiah bagi mahasiswa dan dosen merupakan bagian dari dunia akademisi yang tidak terpisahkan. Tuntutan untuk bisa mempublikasikan karya ilmiah membuat para mahasiswa dan juga dosen berlomba-lomba untuk menghasilkan beragam karya ilmiah sesuai bidang keilmuan masing-masing. Isi karya ilmiah yang menarik dan beda dari penelitian-penelitian sebelumnya tentu saja menjadi poin penting tersendiri. Namun, yang penting untuk diperhatikan adalah judul karya ilmiah yang menarik tentu juga menjadi poin tersendiri yang membuat para pembaca ingin melanjutkan membaca hingga sampai pembahasan dan kesimpulan.

Banyak dari mahasiswa yang masih kebingungan dalam menentukan judul karya ilmiah mereka. Meskipun sepertinya banyak dari mereka yang mengalami kebingungan bukan karena menentukan judul karya Ilmiah mereka tetapi karena belum bisa menentukan permasalahan yang akan dijadikan obyek penelitian. Untuk itulah, diperlukan beberapa tips untuk membantu dalam membuat judul karya ilmiah yang dianggap menarik. Berikut ini beberapa tips yang bisa diikuti:

  • Mengamati permasalahan

Hal yang paling penting sebagai fondasi dari sebuah karya ilmiah adalah permasalahan yang akan diangkat. Penting untuk mengamati permasalahan yang sesuai dengan minat, yang bisa dikuasai, serta mudah untuk direalisasikan. Lebih baik tidak melakukan penelitian yang sepertinya akan susah untuk dikerjakan. Penelitian yang dalam prosesnya sulit untuk dilakukan maka akan semakin sulit untuk menyelesaikan analisa. Yang paling penting adalah data dapat dengan mudah dikumpulkan serta praktis. Semuanya harus disesuaikan dengan kemampuan masing-masing akademisi, baik mahasiswa maupun dosen. Hal ini penting karena berdasarkan permasalahan inilah nanti judul dapat ditemukan. Obyek yang dikaji harus memberikan data yang mutakhir sehingga judul pun bisa menjadi menarik. Judul ini nanti harus mencerminkan latar belakang permasalahan. Dari judul juga bisa diketahui apa yang sebenarnya dilakukan di dalam penelitian karya ilmiah tersebut. Melalui judul juga bisa dilihat ekspektasi dari hasil penelitian yang harus dipaparkan di dalam karya ilmiah tersebut.

  • Variabel yang Jelas

Di dalam judul karya ilmiah sebaiknya variabel-variabelnya bisa dilihat dengan jelas. Variabel bebas dan terikat jika dimunculkan dengan jelas dalam judul karya ilmiah maka  pembaca bisa langsung mengerti gambaran isi dan pembahasan dari karya ilmiah tersebut. Meskipun tanpa memahami konsep variabel tersebut, sebenarnya judul pun juga bisa dibuat. Tetapi, dengan begitu karya ilmiah akan dapat disusun dengan lebih baik dan juga terarah. Dengan variabel yang jelas maka judul karya ilmiah yang menarik dapat dibuat. Namun, tidak perlu membuat judul dengan terlalu rumit agar terlihat hebat. Lebih baik membuat judul semenarik mungkin dengan sederhana melalui variabel terikat dan bebas yang dimunculkan daripada menjadikannya lebih bergaya tapi tidak jelas maksud dari judul tersebut.

  • Menguasai Isi dan Pembahasan

Judul harus bisa menggambarkan isi dan pembahasan. Kunci untuk bisa menuliskan judul yang menarik harus bisa menguasai isi dan pembahasan dari penelitian karya ilmiah tersebut. Hal ini agar judul tidak melenceng dengan isi dan pembahasan yang terdapat di dalam karya ilmiah. Lebih baik judul di untuk karya ilmiah tidak memaksakan. Untuk membuat judul yang menarik, tidak perlu memaksakan agar terlihat keren tetapi tidak sesuai dengan isi dan pembahasan. Sehingga, tidak sedikit juga judul karya ilmiah yang terkesan berlebihan dan tidak mudah dipahami padahal isi dan pembahasan bagus. Oleh karena itu, yang paling utama dalah menguasai isi dan pembahasan sehingga bisa menyusun judul karya ilmiah yang menarik sesuai dengan penelitian yang dilakukan.

  • Menggunakan Kalimat dengan Benar

Judul yang menarik adalah judul yang ditulis dengan kalimat yang benar dan baik. Kalimat yang baik adalah kalimat yang mempunyai struktur kalimat aktif yang tersusun dari SPOK. Struktur kalimat SPOK harus terdiri dari Subjek, Predikat, Objek, dan Keterangan. Menulis judul dengan struktur kalimat aktif sangatlah tepat digunakan. Untuk membuat judul karya ilmiah yang menarik, kalimat aktif tidak boleh disepelekan. Cara penulisan struktur kalimat yang benar bisa membuat judul terlihat lebih menarik dan membuat pembaca tertarik untuk membaca. Ini menunjukkan bahwa struktur tulisan di dalam karya ilmiah tersebut akan mudah dibaca karena disusun dengan rapi dan benar.

  • Ditulis Secara Singkat, Padat, dan Jelas

Judul yang menarik untuk dibaca adalah yang ditulis dengan singkat, padat, serta jelas. Penulisan judul karya ilmiah sebaiknya tidak terlalu panjang lebar. Ketika menulis karya ilmiah panjang judul biasanya dibatasi tergantung dari aturan standar publikasi masing-masing jurnal. Judul yang dinilai baik bahkan adalah yang bisa dibaca dalam satu tarikan nafas. Sehingga, jika sebuah judul tidak bisa dibaca dalam satu tarikan nafas mungkin bukanlah sebuah judul yang efektif dan efisien. Ini bisa menghilangkan daya tarik karya ilmiah tersebut.

  • Mengenali Standar Publikasi

Tips ini hampir mirip dengan tips sebelumnya. Penting untuk mengenali standar publikasi. Bagaimana judul-judul yang biasanya dapat lolos publikasi. Judul-judul tersebut tentu saja dinilai menarik oleh publikasi tersebut sehingga bisa diterbitkan. Sebaiknya mempelajari judul-judul tersebut dan menemukan kemiripan dari satu judul ke judul lain. Dengan begitu akan ditemukan selera dari para reviewers publikasi tersebut. Dengan mengenali standar publikasi ini, judul yang sekiranya menarik bisa ditulis dan disusun sehingga bisa memberikan peluang lebih untuk bisa lolos publikasi. Para reviewers pun akan lebih tertarik untuk membaca jurnal ilmiah tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *