Tips Memilih S2 yang Tepat untuk Menjadi Dosen

Tips Memilih S2 yang Tepat untuk Menjadi Dosen

Bercita – cita ingin menjadi dosen tapi bingung memilih kuliah S2 yang tepat?

Memperdalam suatu bidang keilmuan memang baiknya dengan cara melanjutkan bidang studi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Untuk menjadi seorang dosen, setelah merampungkan studi di jenjang S1 selanjutnya adalah dengan melanjutkan pendidikan ke jenjang S2.

Tetapi, memilih jurusan S2 yang tepat ternyata tidak lebih mudah dari menentukan jurusan S1. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Simak ulasan berikut:

Bingung Saat Memilih Jurusan

Kondisi bingung saat memilih jurusan kerap terjadi bahkan tak sedikit orang yang mengalaminya. Bingung saat memilih jurusan bisa jadi karena dipengaruhi ole faktor berikut:

  1. Terlalu Banyak Pilihan

Alasan pertama sulitnya memilih jurusan adalah karena terdapat banyak pilihan. Banyaknya pilihan jurusan pascasarjana lantas mempermudah untuk pemilihan jurusan, bisa jadi sebaliknya. Terlebih jika satu orang menganggap ada lebih dari satu jurusan yang menarik.

Untuk itu cobalah untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan orang yang dianggap sudah memiliki pengalaman atau dengan cara memikirkannya secara matang tentang jurusan apa yang akan diambil.

  1. Pilihan yang Terlalu Sedikit

Tidak hanya karena pilihan yang banyak, pilihan yang terlalu sedikit juga bisa menjadi faktor mengapa menentukan jurusan itu sulit. Apalagi jika jurusan yang diinginkan tidak tersedia di kota sendiri. Jika harus ke luar kota atau luar negeri, maka ada banyak hal tambahan lainnya yang harus dipertimbangkan. Seperti biaya tertentu yang nilainya lebih besar jika berkuliah di tempat yang jauh.

  1. Belum Menyadari Minat dan Bakat yang Dimiliki

Meskipun telah merampungkan pendidikan S1, bukan tidak mungkin jika seorang mahasiswa belum menyadari minat dan bakat yang dimiliki untuk menentukan jurusan apa yang harus dipilih untuk jenjang S2. Belum lagi jika mendapatkan intervensi dari orang – orang di sekitar seperti orang tua, teman atau bahkan pasangan.

Untuk itu, agar mempermudah proses pemilihan jurusan S2, sebaiknya mulailah untuk menganalisis dan mencari tahu minat dan bakat apa yang dimiliki. Hal tersebut bisa dimulai dengan melakukan evaluasi pada proses perkuliahan S1.

  1. Kendala Biaya

Terkendala urusan biaya juga bisa menjadi salah satu yang mempersulit pemilihan jurusan S2. Karena bisa jadi jurusan yang diinginkan di kampus yang diimpikan membutuhkan biaya yang melampaui kemampuan finansial. Pun jika ada program beasiswa akan dihantui oleh kemungkinan tidak lolos seleksi.

Jurusan dengan banyak peminat biasanya memerlukan biaya yang lebih jika dibandingkan dengan jurusan yang sepi peminat. Tetapi belum tentu jurusan yang kita inginkan adalah jurusan dengan sepi peminat tersebut.

  1. Jurusan yang Diinginkan Tidak Ada di Kampus Impian

Setiap mahasiswa pastinya memiliki kampus impian sebagai tujuan untuk melanjutkan pendidikan. Akan tetapi tidak jarang kampus tersebut tidak memiliki jurusan yang diinginkan. Bisa juga jurusan yang diinginkan adanya di luar negeri.

Tips Memilih Jurusan S2 yang Tepat

  1. Membuat Daftar Perguruan Tinggi yang Ingin Dituju.

Buatlah daftar perguruan tinggi yang ingin dituju, dengan urutan dimulai dari perguruan tinggi dengan prestasi dan catatan terbaik. Kemudian membuat daftar jurusan apa saja yang tersedia. Dari ke semua daftar yang ada, kerucutkan kembali menjadi daftar yang lebih kecil, dengan kriteria terbaik dari yang terbaik.

Setelah menemukan daftar perguruan tinggi terbaik, langkah selanjutnya adalah menyesuaikan dengan minat, bakat, keinginan, pekerjaan impian yang dimiliki atau cukup dengan menyesuaikan dengan jurusan di S1.

  1. Mencari Informasi Terkait Program Pascasarjana

Selanjutnya adalah mencari dan mengumpulkan informasi sebanyak mungkin terkait program S2 atau program pascasarjana. Dahulukan informasi dari semua kampus yang sudah masuk daftar kampus terbaik yang telah dibuat sebelumnya.

Informasi yang dikumpulkan antara lain terdiri dari akreditasi kampus dan jurusan, prestasi kampus dan jurusan, fasilitas pembelajaran sampai informasi terkait biaya yang dibutuhkan. Dengan informasi tersebut kamu memiliki gambaran jurusan apa dan di kampus mana yang harus kamu pilih.

  1. Mempertimbangkan Pekerjaan di Masa Depan

Setiap orang pastinya memiliki pekerjaan impian. Untuk itu, dalam memilih dan menentukan jurusan yang tepat juga harus mempertimbangkan dan menyesuaikan dengan rencana pekerjaan yang akan dilakukan di masa depan.

  1. Sesuaikan dengan Jurusan di Jenjang S1

Tips selanjutnya agar tidak salah jurusan adalah dengan menyesuaikan dengan jurusan di S1. Dengan melanjutkan bidang pendidikan yang sudah diselesaikan pada jenjang S1 dapat memperdalam keilmuan, karena jika salah pilih jurusan akan mengulang lagi dari awal dan bukan tidak mungkin akan menimbulkan rasa jenuh atau bosan.

  1. Mempertimbangkan Program Studi Unggulan

Jika bingung menentukan jurusan apa yang akan diambil, tidak ada salahnya mencoba untuk mengambil jurusan atau program studi unggulan. Biasanya jurusan yang diunggulkan adalah jurusan terbaik. Hanya saja karena diunggulkan tentunya memiliki banyak peminat. Persaingan menjadi lebih ketat, dan tak jarang biaya yang dibutuhkan menjadi lebih mahal.

  1. Menyesuaikan dengan Minat dan Bakat yang Dimiliki

Berbicara tentang cara memilih jurusan yang tepat, maka cara paling tepat adalah disesuaikan dengan minat dan bakat yang dimiliki. Memilih jurusan sesuai keinginan akan membuatmu menikmati masa perkuliahan sekaligus ketika sudah bekerja.

  1. Memperhatikan Masalah Biaya

Setiap jurusan membutuhkan jumlah biaya yang berbeda, semakin banyak peminat dan semakin diunggulkannya sebuah jurusan, maka semakin besar biaya yang harus dikeluarkan. Untuk itu, memilih jurusan S2 juga harus disesuaikan dengan finansial yang dimiliki.

  1. Berdiskusi dengan Orang yang Lebih Berpengalaman

Jika tidak kunjung menemukan jalan keluar untuk menentukan jurusan yang akan diambil, cobalah untuk berdiskusi dengan orang yang lebih berpengalaman. Hal ini karena orang tersebut telah lebih dulu merasakan proses ini.

  1. Mempersiapkan Diri Jauh – Jauh Hari

Tips terakhir untuk menentukan jurusan yang tepat adalah dengan mempersiapkan diri sejak jauh – jauh hari bahkan dimulai saat memilih jurusan S1, agar tidak merasa salah jurusan dan lebih mudah nantinya dalam menentukan jurusan ke jenjang pendidikan selanjutnya.

Demikian tips memilih jurusan dengan tepat, dengan ulasan di atas diharapkan bisa semakin mudah dalam menentukan pilihan. Pilihan jurusan S2 sangat banyak dan tidak sedikit yang berkualitas, untuk itu siapkan diri sebaik mungkin dan sedini mungkin.

Layanan Jasa konversi Tesis/Disertasi/Hasil Penelitian menjadi Artikel jurnal Klik Disini

Jasa Review Jurnal/Critical Review Klik Disini

Jasa Menurunkan Persentase Turnitin Klik Disini

Layana Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Proofreading Jurnal Klik Disini

Layanan JasaPembuatan Slide Presentasi Klik Disini

Jasa Penulisan Buku Ajar/Umum Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *