Tips Menulis Abstrak Jurnal Internasional yang Mudah

Tips Menulis Abstrak Jurnal Internasional yang Mudah

Penulisan abstrak jurnal internasional sangat mudah, jika anda mengetahui tips menulis abstrak jurnal internasional secara tepat. Abstrak menjadi bagian terpenting dalam penulisan jurnal internasional, karena bisa memberikan gambaran kepada pembaca mengenai penelitian yang dilakukan.

Selain itu, penulisan abstrak yang baik juga bisa meningkatkan nilai jurnal di mata reviewer jurnal. Oleh karena itu, agar jurnal internasional yang anda tulis bisa terindeks, sebaiknya perhatikan penulisan abstrak. Terdapat berbagai tips menulis abstrak secara tepat, 6 diantaranya sebagai berikut.

Tulis Abstrak setelah Menyelesaikan Jurnal

Tips menulis abstrak jurnal internasional yang pertama yaitu menulis abstrak setelah menyelesaikan jurnal. Hal ini sangat penting, karena abstrak adalah ringkasan dari keseluruhan isi jurnal, sehingga sangat penting menyelesaikan jurnal baru menulis abstrak.

Jika anda menulis abstrak terlebih dahulu, maka bisa membuat pembahasan abstrak tidak sesuai dengan isi jurnal. Oleh sebab itu, agar penulisan abstrak sesuai dengan jurnal. sebaiknya tulis abstrak setelah menyelesaikan jurnal. Anda bisa menyelesaikan isi jurnal terlebih dahulu, mulai dari pendahuluan hingga kesimpulan.

Setelah itu lanjutkan dengan merangkum dan mengambil isi dari keseluruhan jurnal, kemudian tulis di abstrak. Dengan begitu maka abstrak yang ditulis bisa menjelaskan kepada pembaca mengenai isi jurnal tersebut secara menyeluruh.

Gunakan Pertanyaan Pembantu untuk Menyusun Abstrak

Tips menulis abstrak jurnal internasional yang kedua yaitu dengan menggunakan pertanyaan pembantu untuk menyusun abstrak. Pertanyaan pembantu ini sangat penting jika anda kesulitan menyusun abstrak. Anda bisa menggunakan beberapa pertanyaan pembantu, contohnya sebagai berikut.

  1. Apa yang menjadi latar belakang penulisan jurnal ini?
  2. Apa tujuan penulisan jurnal ini?
  3. Metode apa yang digunakan dalam penelitian?
  4. Hasil apa yang diperoleh dalam penelitian?
  5. Apa dampak dari penelitian ini?

Itulah 5 contoh pertanyaan pembantu yang bisa anda gunakan saat kesulitan menyusun abstrak. Dari 5 pertanyaan tersebut, anda bisa menuliskan jawaban secara berurutan dan memasukkannya pada abstrak. Dengan menggunakan pertanyaan pembantu, maka anda akan lebih mudah saat menulis abstrak jurnal internasional.

Hapus Kata yang Tidak Diperlukan

Seperti yang diketahui, panjang kata dalam menulis abstrak yaitu tidak lebih dari 150 kata. Itu artinya anda harus bisa merangkum keseluruhan isi jurnal dalam 150 kata saja. Hal ini tentu sangat sulit, jika anda tidak mengetahui tips menulis abstrak. Salah satu tips menulis abstrak jurnal internasional yang bisa diterapkan yaitu menghapus kata tidak penting.

Dengan menghapus kata yang kurang penting atau terlalu panjang, maka anda bisa menghemat kata dalam abstrak. Misalnya saat menulis “hasil dari penelitian ini menginformasikan bahwa” bisa disingkat dengan “hasil penelitian ini adalah”.

Dengan menghapus kata yang kurang efektif, maka membuat penulisan abstrak lebih berkualitas. Selain itu, menghilangkan kata yang kurang efektif juga membuat tulisan anda lebih nyaman saat dibaca.

Tulis Abstrak Sesuai Isi Jurnal

Tips menulis abstrak selanjutnya yaitu tulis abstrak sesuai isi jurnal. Seperti yang diketahui, abstrak merupakan inti dari pembahasan jurnal atau rangkuman dari seluruh isi jurnal. Oleh karena itu, pastikan di dalam abstrak berisi semua isi jurnal.

Sebaiknya hindari penulisan informasi yang tidak sesuai dengan isi jurnal, karena bisa membuat tulisan tidak berkualitas. Selain itu, menulis informasi yang tidak disajikan dalam isi jurnal bisa membuat reviewer jurnal kecewa sehingga mendapatkan rating buruk.

Jangan Gunakan Gambar atau Tabel Pada Abstrak

Tips selanjutnya yaitu jangan menambahkan gambar atau tabel pada abstrak. Abstrak hanya berisi tulisan yang menjelaskan isi jurnal secara menyeluruh. Penambahan gambar atau tabel hanya akan membuat jurnal terlihat buruk dan tidak profesional.

Hindari Penulisan Kutipan Pada Abstrak

Saat menulis abstrak, sebaiknya hindari menulis kutipan di dalamnya. Adanya kutipan dalam abstrak bisa membuat tulisan menjadi tidak berkualitas. Selain itu, adanya kutipan juga membuat pembaca kurang nyaman saat membaca abstrak jurnal yang anda tulis.

Sebaiknya ganti kutipan dengan tulisan yang memang diperlukan dalam penulisan abstrak, seperti perbandingan penelitian dengan peneliti lain. Dengan begitu maka bisa membuat abstrak menjadi lebih berkualitas dan nyaman saat dibaca.

Cara Menulis Abstrak

Setelah memahami tips menulis abstrak jurnal internasional secara tepat, selanjutnya yaitu cara menulis abstrak secara tepat sesuai aturan. Terdapat berbagai cara yang harus dipahami dalam menulis abstrak, 3 diantaranya sebagai berikut.

  1. Perhatikan Jumlah kata

Cara pertama yaitu perhatikan jumlah kata maksimal penulisan abstrak. Jumlah maksimal dalam menulis abstrak adalah 150 kata. Jumlah tersebut harus dipatuhi oleh setiap peneliti. Dengan jumlah kata yang terbatas, maka anda harus bisa menulis secara singkat, namun bisa mewakili keseluruhan isi jurnal.

  1. Penulisan Bahasa Asing

Cara menulis abstrak yang tepat yaitu dengan memperhatikan penulisan bahasa asing. Dalam menulis abstrak, kata bahasa asing harus dicetak miring atau italic. Bahkan bukan hanya bahasa asing saja, namun penulisan bahasa ilmiah juga harus dicetak miring.

  1. Perhatikan Jumlah Paragraf

Dalam menulis abstrak, anda harus memperhatikan jumlah paragraf di dalamnya. Biasanya ada 3 paragraf dalam menulis abstrak, pertama memuat judul, rumusan masalah, latar belakang, dan tujuan dari penelitian.

Paragraf kedua memuat metode, teknik analisa data, dan landasan teori. Sedangkan paragraf ketiga memuat kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan. Dengan memperhatikan paragraf, maka bisa membuat abstrak lebih jelas dan berkualitas.

Terdapat berbagai tips menulis abstrak jurnal internasional yang bisa diterapkan, mulai dari menulis setelah menyelesaikan jurnal hingga menghindari kutipan. Dengan menerapkan tips di atas, maka anda bisa menulis abstrak yang berkualitas dan bisa mewakili isi jurnal. Selain menerapkan tips di atas, anda juga harus memperhatikan cara menulis abstrak yang benar. Mulai dari memperhatikan kata hingga memperhatikan jumlah paragraf dalam abstrak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *