Tips Merubah Tesis menjadi Jurnal Sinta atau Scopus

Tips Merubah Tesis menjadi Jurnal Sinta atau Scopus

Sebelum memahami cara merubah tesis menjadi jurnal, Anda perlu tahu apa itu Sinta dan Scopus. Sinta merupakan  akronim dari bahasa inggris Science and Technology Index. Berdasarkan publikasi.indonesia, Sinta merupakan penelitian yang berbasis web yang dibangun untuk mengukur kinerja peneliti,

institusi, dan jurnal dalam negeri. Maksudnya bukan berupa penelitian, melainkan ini adalah sebuah platform yang diciptakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti).

Menurut lansiran dari jago.jurnal, platform ini berisikan pengukuran yang berupa soal kinerja IPTEK sekaligus menjadi alat untuk mengindeks internasional, seperti jurnal, buku, artikel, dan karya ilmiah lainnya. Sinta sendiri baru diluncurkan tahun 2017, dan termasuk portal untuk publikasi dan jurnal secara online. Pada selanjutnya setelah dipublikasikan, jurnal ini disebut Jurnal Sinta.

Sedangkan Scopus ialah pangkalan data dan pustaka, yang terdiri dari abstrak dan sitiran artikel jurnal akademik. Sitiran sendiri menurut Andriani (2002:29) dari web media.neliti.com adalah pernyataan yang diterima suatu dokumen dari dokumen lain. Sitiran menunjukkan karya yang dituju dilakukan oleh penulis sesudah karya yang diacu diterbitkan.

Scopus mengandung kurang lebih dari 22.000 judul dari 5.000 penerbit. Sejumlah 22.000 di antaranya tertelaah oleh serumpun/ sejawat sains, teknik, kedokteran dan ilmu sosial (termasuk di dalamnya humaniora, seni, dan budaya). Scopus ini dibuat oleh Elsevier dari Inggris. Gunanya ialah untuk mengaitkan semua artikel yang terindeks Scopus ke Portal Jurnal Sinta. Sehingga Scopus dan Sinta ini dapat saling berkaitan dalam artikel internasional.

Tahap Merubah Tesis Menjadi Sinta

Tesis adalah tugas akhir untuk jenjang strata 2 atau S2. Bagi yang menempuh pendidikan magister diwajibkan untuk membuat tesis dan hasil akhirnya dipublikasikan dalam bentuk artikel jurnal. Tesis tersusun atas hasil studi suatu permasalahan, metode pengumpulan, analisis dan pengolahan data, serta menyajikan kesimpulan. Hampir sama dengan karya ilmiah umumnya, namun muatan sesuai dengan jenjang perkuliahan S2.

Sebagai tugas akhir, pendidikan S2  membuat jurnal ilmiah yang setara dan makalah yang diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima untuk diterbitkan di jurnal internasional. Hal ini tertuang dalam peraturan Menteri Riset dan Pendidikan Tinggi Nomor 50 tahun 2018 tentang perubahan atas peraturan Menteri Riset dan Pendidikan Tinggi Nomor 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Oleh karena itu merubah tesis menjadi Sinta perlu dilakukan.

Cara mengubahnya sama dengan mengubah skripsi dalam bentuk artikel. Sebab dalam tesis sendiri ada lima bab, yang perlu diparafrasekan disertai data, analisis, dan hasil. Kemudian dilengkapi dengan sumber. Untuk nilai Sinta, bisa beragam. Sebelum mendapatkan nilai, jurnal sinta yang akan dinilai oleh Sinta harus telah diakreditasi oleh ARJUNA (Akreditasi Jurnal Nasional).

Menurut Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit Kenaikan Pangkat/ Jabatan Akademik Dosen, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian dan Kebudayaan tahun 2019, Jurnal Nasional yang Terakreditasi adalah majalah ilmiah yang diupayakan sesuai pemenuhan kriteria sebagai jurnal nasional dan mendapat status terakreditasi oleh Ditjen Dikti dengan masa berlaku lima tahun. Informasi ini dilansir dari lemlit.trisakti.ac.id yang juga menjelaskan aturan dari Menteri Riset dan Pendidikan Tinggi Nomor 6  tahun 2018, akreditasi dilakukan secara daring atau elektronik. Dalam hal ini jurnal tersedia dalam bentuk elektronik dan telah memiliki E-ISSN.

Di samping itu, jurnal memiliki nilai plagiarisme yang kecil. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi tumpang tindih pengembang ilmu pengetahuan. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan minat baca atau terbukti memiliki daya tarik baca dan disitasi. Sitasi sendiri dalam KBBI yang dikutip oleh sin.fst.alauddin.ac.id ialah pengambilanalihan kalimat, ini sama dengan kutipan. Dengan begitu, kurang lebih disitasi ini merupakan pengutipan jurnal yang dapat dijadikan rujukan kutipan sumber asli. Sebab pengembangan ilmu yang diperoleh termasuk baru.

Berapa Nilai Artikel Sinta Untuk Kenaikan Pangkat/Jabatan

Nilai jurnal Sinta bermacam-macam. Termasuk dalam hal berapa persen plagiasi yang digunakan. Menurut Menteri Riset dan Pendidikan Tinggi Nomor 6 tahun 2018 pasal 2, menyebutkan ada 6 nilai Sinta yang dinyatakan sebagai peringkat nasional sebagai hasil akreditasi jurnal ilmiah. Keenam nilai tersebut sebagai berikut.

 

  1. Peringkat 1 disebut sinta-1 dengan nilai akreditasi A. Rentang nilai ialah sama dengan 85 (delapan puluh lima) sampai dengan 100 (seratus).
  2. Peringkat 2 disebut sinta-2 dengan nilai akreditasi B. Rentang nilai sama dengan 70 (tujuh puluh) sampai dengan kurang dari 85 (delapan puluh lima).
  3. Peringkat 3 disebut sinta-3 dengan nilai rentang kurang dari 70 (tujuh puluh) sampai dengan sama dengan 60 (enam puluh)
  4. Peringkat 4 disebut sinta-4 dengan nilai rentang kurang dari 60 (enam puluh) sampai dengan sama dengan 50 (lima puluh).
  5. Peringkat 5 disebut sinta-5 dengan nilai rentang kurang dari 50 (lima puluh) sampai dengan sama dengan 40 (empat puluh).
  6. Peringkat 6 disebut sinta-6 dengan nilai rentang kurang dari 40 (empat puluh) sampai dengan sama dengan 30 (tiga puluh).

Untuk penilaian jurnal sinta sendiri dapat dilihat di laman sinta.kemendikbud.go.id. penjelasan sederhananya terkait penilaian ialah dinilai dari jumlah dokumen di scopus, jumlah dokumen non-artikel di scopus, jumlah sitasi google scholar, dan jumlah sitasi di scopus. Semua jumlah ini dikalkulasi hingga mendapatkan skor akhir.

Dalam penulisan artikel untuk dapat lolos akreditasi dan masuk dalam sinta saat didaftarkan, Anda perlu banyak referensi dalam penulisan. Karena dengan konsep dan parafrase mandiri termasuk keunggulan dari artikel yang Anda buat. Untuk mendapatkan banyak referensi, buku dan jurnal, Anda dapat memesannya di kami.

Layanan Jasa konversi Tesis/Disertasi/Hasil Penelitian menjadi Artikel jurnal Klik Disini

Jasa Review Jurnal/Critical Review Klik Disini

Jasa Menurunkan Persentase Turnitin Klik Disini

Layana Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Proofreading Jurnal Klik Disini

Layanan JasaPembuatan Slide Presentasi Klik Disini

Jasa Penulisan Buku Ajar/Umum Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *