Tips Mudah Memasukkan Referensi pada Jurnal Ilmiah

Cara menulis refrensi jurnal internasional – Dalam penulisan jurnal ilmiah referensi adalah bagian yang tidak bisa ditinggalkan. Sebuah tulisan penelitian tidak bisa dianggap sebagai jurnal ilmiah jika tidak menggunakan referensi di dalamnya. Referensi-referensi tersebut fungsinya sebagai acuan dalam mengarahkan penulisan jurnal ilmiah sehingga keilmiahannya sah. Ini menjadi bukti bahwa jurnal ilmiah yang bersangkutan bukan hanya sekedar karangan penulis atau penelitinya saja. Melainkan, ditulis didasarkan pada konsep-konsep yang telah dirumuskan para ahli dan diakui penggunaannya melalui referensi-referensi penelitian terdahulu atau tinjauan pustaka. Dengan memasukkan referensi-referensi yang tepat ke dalam sebuah jurnal ilmiah maka besar peluang jurnal tersebut menjadi tulisan dan juga bacaan yang bagus baik untuk kalangan akademisi maupun kalangan umum. Referensi-referensi bisa menjadi penguat pembahasan dan hasil penelitian jurnal ilmiah.

Meskipun sudah banyak diketahui bahwa referensi merupakan bagian penting dari penulisan jurnal ilmiah, tidak banyak yang tahu cara memasukkan referensi pada jurnal ilmiah dengan benar. Padahal, mengetahui cara yang benar dalam memasukkan referensi pada jurnal ilmiah bisa menghindarkan peneliti atau penulis dari praktik plagiat. Cara penulisan kutipan dari referensi harus dilakukan dengan benar sehingga bisa terhindar dari tudingan plagiarisme. Kutipan harus dimasukkan ke dalam jurnal dengan mencantumkan keterangan referensi. Berikut ini adalah beberapa tips mudah memasukkan referensi pada jurnal ilmiah:

  • Mencantumkan keterangan kredit

Dalam mengutip referensi untuk dimasukkan ke dalam jurnal ilmiah hal paling utama untuk diketahui adalah jangan sampai lupa untuk mencantumkan keterangan kredit. Ini adalah hal yang mudah. Penulisan kredit untuk referensi yang dikutip bisa ditulis di dalam kurung setelah kutipan. Biasanya keterangan kredit ini terdiri dari nama belakang penulis dan tahun referensi diterbitkan. Namun, biasanya ada juga yang menambahkan halaman di mana kutipan tersebut dinukil. Bisa juga dalam menuliskan keterangan kredit menggunakan kalimat aktif. Lebih mudahnya, seperti misalnya, nama belakang pengarang diikuti di dalam kurung tahun penerbitan referensi kemudian dilanjutkan dengan kutipan yang ambil. Contohnya misal: Najwa (2020) mengatakan bahwa “kutipan”. Cara penulisan kutipan referensi dalam jurnal ilmiah perlu diketahui karena ini menjadi salah satu langkah mudah untuk bisa memasukkan referensi-referensi ke dalam jurnal ilmiah. Ini adalah hal yang krusial karena sepanjang proses penulisan dan penelitian jurnal ilmiah referensi tidak akan pernah bisa jauh dari peneliti atau penulis. Penulisan kutipan dari referensi yang benar tentu saja membuat tulisan lebih bagus dan menjauhkan dari plagiarisme.

  • Sumber-sumber kutipan referensi

Referensi-referensi yang bisa digunakan dalam jurnal ilmiah tentu saja beragam dan banyak jumlahnya. Jika di zaman dulu, para peneliti lebih tergantung pada buku dan jurnal yang diterbitkan berkala secara fisik. Sekarang, sesuai dengan teknologi yang semakin berkembang dan maju, referensi bisa berupa sumber-sumber dari internet juga. Ada website-website atau blog-blog yang bisa juga digunakan sebagai sumber referensi. Sebagai contohnya, jika penelitian membutuhkan hasil wawancara seorang ahli dan itu hanya bisa didapatkan melalui laman blog pribadi atau sebuah media, maka sumber internet bisa digunakan di dalam jurnal ilmiah. Selain itu, jurnal-jurnal internasional pun sekarang sudah bisa dengan mudah diakses melalui internet. Ini menandakan betapa mudahnya mengakses referensi-referensi. Dengan begitu semakin mudah juga untuk memasukkan referensi-referensi ke dalam jurnal ilmiah. Yang perlu dilakukan hanyalah menemukan referensi-referensi yang dianggap tepat dan menggunakannya sesuai dengan keperluan penulisan.

  • Aplikasi Input Referensi

Setelah mengetahui kemudahan-kemudahan tersebut dalam dua poin di atas kemudian yang perlu diketahui adalah bagaimana memasukkan referensi-referensi dengan mudah ke dalam jurnal ilmiah. Hal yang paling sering dilakukan para peneliti dan juga para akademisi adalah memasukkan dengan manual. Jadi, seperti yang sudah disebutkan di atas, keterangan kredit ditulis secara manual dengan menuliskan nama belakang penulis, koma, tahun penerbitan referensi, seperti contohnya: (Budi, 2019) atau (Budi, 2019, hal. 37). Kemudian di daftar pustaka para peneliti dan akademisi akan sekali lagi menuliskan referensi tersebut dengan lebih detail secara manual untuk daftar pustaka. Hal ini tentu saja akan merepotkan jika referensi-referensi yang ditemukan berjumlah banyak sekali.

Untuk itulah, perlu diketahui bahwa di dalam laptop atau pc yang digunakan untuk mengetik jurnal ilmiah sudah terdapat sebuah aplikasi yang disediakan oleh microsoft word. Aplikasi ini berguna untuk memasukkan referensi, dan juga memudahkan dalam memasukkan keterangan kredit ketika tengah mengutip referensi. Menggunakan aplikasi ini membuat penulisan jurnal ilmiah menjadi lebih praktis dan cepat. Yang perlu dilakukan adalah membuka tab ‘references’ di toolbar paling atas dalam microsoft word. Kemudian, pilih ‘citations & bibliography’ lalu pilih ‘insert citation’ dan tentukan ‘style’ sesuai kebutuhan. Biasanya style kutipan referensi, baik nasional maupun internasional, yang digunakan adalah APA. Walaupun tidak sedikit juga yang menggunakan style atau gaya pengutipan jenis yang lain. Selain itu, bisa juga memasukkan referensi-referensi melalui aplikasi mendeley. Ini bisa didapatkan dengan mengunduh dan menginstall ke dalam komputer atau laptop atau pc. Fungsi mendeley sama dengan aplikasi tool references di dalam microsoft word. Cara mengekspor referensi menggunakan mendeley adalah dengan: (1) membuka Mendeley Web Perpustakaan, (2) pilih referensi yang ingin diekspor, (3) klik Ekspor ke MS Word yang kemudian akan mengunduh file .xml., (4) buka Word dan klik ‘Referensi’ dan pilih “Manage Resources’, dan (5) isi folder dan pilih file .xml. sehingga referensi akan tersedia di Citation Manager Word.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *