Tips Review Jurnal Ilmiah yang Baik dan Benar

Tips Review Jurnal Ilmiah yang Baik dan Benar

Tips Review Jurnal Ilmiah yang Baik dan BenarKegiatan review jurnal merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh sebagian orang yang memiliki kepentingan akan data dan hasil reset dari jurnal atau hanya sekedar untuk memenuhi tugas. Pelajar atau mahasiswa sering melakukan kegiatan review jurnal untuk memenuhi tugas dari guru atau dosen. Review jurnal juga menjadi salah satu kegiatan yang dilakukan oleh beberapa orang untuk mendapatkan informasi mengenai suatu reset atau uji coba akan sesuatu hal yang baru yang dapat membantu pekerjaan dimasa yang akan datang. Sekilas kegiatan review jurnal mungkin terlihat mudah, namun nyatanya tidak semuda yang dibayangkan karena harus dilakukan dengan benar-benar teliti untuk mendapatkan hasil yang akurat dan sesuai dengan jurnal yang direview.

Kegiatan review jurnal ini bertujuan, agar pembaca dapat memahami dan mendapat informasi yang akurat dari sebuah jurnal tanpa harus membaca seluruh jurnalnya. Pembaca cukup melihat hasil review yang telah dibuat untuk mendapatkan informasi dan data yang akurat tentang sebuah uji coba.

Jasa Review Jurnal/Critical Review Klik Disini

Jasa Menurunkan Persentase Turnitin Klik Disini

Layanan Jasa konversi Tesis/Disertasi/Hasil Penelitian menjadi Artikel jurnal Klik Disini

Layana Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Proofreading Jurnal Klik Disini

Layanan JasaPembuatan Slide Presentasi Klik Disini

Jasa Penulisan Buku Ajar/Umum Klik Disini

Untuk lebih detail lagi pembahasan mengenai review jurnal dan lebih mudah dipahami apa saja bagaian yang penting dari sebuah jurnal yang bisa menjadi informasi yang diperlukan oleh pembaca sehingga lebih mudah memahami isi dari jurnal yang direview, perlu dipahami terlebih dahulu struktur dari jurnal yang akan direview. Adapun struktur dari sebuah jurnal yaitu, Judul, judul merupakan gambaran awal dari jurnal yang menggambarkan apa yang menjadi topik pembahasan dari sebuah jurnal. Abstrak, abstrak merupakan bagian jurnal yang dibuat untuk menjelaskan secara singkat dan jelas tentang apa yang dibahas dalam sebuah jurnal, abstrak harus bererisi permasalahan, tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan dari sebuah penelitian yang ditulis secara padat dan jelas. Pendahuluan, pendahuluan menggambarkan latar belakanh masalah sehingga dilakukan sebuah penelitian. Bahan dan Metode, membahas peralatan dan metode yang dilakukan untuk sebuah penelitian. Hasil, bagian ini memuat tentang hasil dari penelitian yang dilakukan. Pembahasan, dari data yang sudah dihasilkan, bagian pembahasan akan membahas secara detail data tersebut. Kesimpulan, merujuk kembali pada pernyataan pendahuluan hingga kesimpulan dari keseluruhan percobaan. Terakhir Daftar Pustaka, daftra pustaka berisi mengenai literatur yang digunakan sebagai referensi dalam pembuatan jurnal.

Setelah memahami struktur dari sebuah jurnal, selanjutnya kita harus menelaah bagian-bagian penting yang dibutuhkan oleh pembaca dari sebuah jurnal. Data penting dibutuhkan oleh pembaca adalah data mengenai jurnal seperti judul jurnal, penerbit, penulis, dan resume atau ringkasan jurnal. Review jurnal juga harus efisien yang berarti hasil review harus berguna untuk penyelesaian permasalahan yang dihadapi tepat waktu. Bagian jurnal yang ditulis pada hasil review adalah judul jurnal, penerbit, penulis, dan resume. untuk membuat resume, yang harus dulakukan adalah membaca bagian abstrak dari jurnal tersebut dan memahami isinya, kemudian membaca sekilas data yang dikumpulkan pada jurnal, dan hasil dari percobaan pada sebuah jurnal.

Berikut ini adalah contoh review jurnal yang baik dan benar;

Contoh Jurnal: Pengembangan Aplikasi Bank Sampah Menggunakan Layanan Teknologi   Informasi Cloud Computing pada Bank Sampah Melati Bersih

Review jurnal

Judul Jurnal    : Pengembangan Aplikasi Bank Sampah Menggunakan Layanan Teknologi   Informasi Cloud Computing pada Bank Sampah Melati Bersih

Penerbit               : Jurnal Teknik Informatika Vol. 8 No. 2 Oktober Tahun 2018

Penulis                : Siti Ummi Masruro, Siti Ermila Suciasih, Hendra Bayu Suseno

Resume               : Semakin berkembangnya teknologi informasi (TI) telah terbukti dengan adanya pengembangan Aplikasi Bank Sampah dan membuktikan bahwa perusahaan dan organisasi sudah semakin maju dengan menggunakan teknologi yang juga semakin berkembang. Dilatar belakangi karena semakin rumitnya transaki perhitungan dan pengelolaan data yang masih dilakukan secara manual. Selain masalah yang telah disebutkan tadi, ada pula masalah lain yaiutu ketersediaan sumber daya teknoligi informasi yang semakin menjadi faktor penting, sehingga informasi yang tersediakan juga semakin berkualitas. Semakin canggih teknologi yang tersedia maka segala sumber daya yang ada harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya entah itu software, hardware, maupun brainware karena akan memakan biaya semakin besar dan juga waktu yang dibuthkan untuk peralihan teknologi juga akan semakin lama. Dikarenakan maslah-maslah ini maka dikembangkan aplikasi yang membantu dalam transaksi dan penanganan data tabungan Bank Sampah Melati Bersih. Pengembangan aplikasi menggunakan bahasa pemrograman PHP dan framework Codeigniter, dan Database menggunakan MySQ, Tools yang digunakan adalah UML (Unified Modelling Language), membbgunakan sistem pengembangan RAD (Rapid Application Development), Aplikai ini berkolaborasi dengan layanan teknologi informasi (TI) Cloud Computing (Komputer Awan), PaaS (Platform as a Service) adalah layanan yang digunakan, dan menggunakan model penyebaran cloud computing Private Could Computing.

Setelah memahami cara mereview jurnal yang baik dan benar, sekarang bisa melakukan review jurnal sacara terjadwal untuk melatih kemampuan menganalisis suatu data dari sebuah permasalahan, memahami penyelesaian, dan solusi yang diperlukan untuk menangani sebuah masalah, melatih kemampuan mengahsilkan sebuah data yang akurat yang mampu membantu penyelesaian permasalah setiap pembaca, dan juga melatih kemampuan dalam penulisan akademis yang bisa menjadi sangat berguna terutama bagi pelajar atau mahasiswa yang akan menyusun skripsi sehingga lebih mudah membuat susunan skripsi dan memahaminya juga.

Perlu diingat juga, akan lebih efektif dan efisien jika jurnal yang direview dilihat dari tahun terbitnya karena dari jurnal yang terbaru kita akan mendapat informasi yang lebih update dari permasalahn yang dihadapi, dengan metode dan solusi terbaru yang tentunya lebih baik dari metode dan solusi yang diberikan pada jurnal terbitan tahun sebelumnya.

Demikiaan tips-tisp yang dapat diberikan untuk mereview jurnal yang baik dan benar. Semoga tips yang saya berikan ini bisa membantu para pembaca untuk mulai melakukan kegiatan review jurnal.

Jasa Review Jurnal/Critical Review Klik Disini

Jasa Menurunkan Persentase Turnitin Klik Disini

Layanan Jasa konversi Tesis/Disertasi/Hasil Penelitian menjadi Artikel jurnal Klik Disini

Layana Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Proofreading Jurnal Klik Disini

Layanan JasaPembuatan Slide Presentasi Klik Disini

Jasa Penulisan Buku Ajar/Umum Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan komunikasikan kebutuhan anda dengan team jurnal kami!

Kak, Ada Yang Bisa Kami Bantu?